HUBUNGAN MINAT BACA DAN MENULIS TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 MARGADADI

SELVIYANI, 1513053193 (2019) HUBUNGAN MINAT BACA DAN MENULIS TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 MARGADADI. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1511Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1212Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Margadadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan signifikan antara minat baca dan menulis terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SD. Populasi berjumlah 53 peserta didik dan seluruh populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan multiple correlation, kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap hasil belajar tematik koefisien korelasi pada taraf ”Rendah”. Terdapat hubungan yang signifikan antara menulis terhadap hasil belajar tematik koefisien korelasi pada taraf “Sangat tinggi”, serta terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca dan menulis terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV SD Negeri 3 Margadadi koefisien korelasi pada taraf “Sangat tinggi”. Kata kunci: hasil belajar, menulis, minat baca. The problem in this study was the low learning outcomes of grade IV students of SD Negeri 3 Margadadi. The purpose of this study was to determine the significant relationship between interest in reading and writing on learning outcomes of fourth grade students in elementary school. The population was 53 students and the entire population was used as the study sample. Data analysis using product moment correlation and multiple correlation, then data collection techniques using observation, questionnaires, and documentation studies. The results showed that there was a significant relationship between interest in reading with the thematic learning outcomes of the correlation coefficient at the "Low" level. There was a significant relationship between writing on the thematic learning outcomes of the correlation coefficient at the "Very high" level, and there was a significant relationship between reading and writing interest in the thematic learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 3 Margadadi correlation coefficients at the "Very high" level. Keywords: interest in reading, learning results, writing.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:57
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59711

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir