PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR

SHARAH KUSUMA WARDANI, 1543053009 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS IV SEKOLAH DASAR. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2284Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2285Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar tematik peserta didik masih rendah pada kelas IV SD Negeri 1 Teluk Pandan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik dan mengetahui perbedaan penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Teluk Pandan, sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan nilai fokus pembelajaran terendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik dan ada perbedaan signifikan dari penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar tematik. Kata Kunci: hasil belajar, model problem based learning, tematik. The problem in this study is the thematic learning outcomes of students are still low in grade IV SD Negeri 1 Teluk Pandan. The purpose of this study was to determine the effect of the use of problem based learning models on students 'thematic learning outcomes and find out the differences in the use of problem based learning models on students' thematic learning outcomes. The research method used was quasi-experimental (quasi-experimental) with a post-test only control group design. The population of this study was all students of grade IV SD Negeri 1 Teluk Pandan, samples were taken using purposive sampling technique based on the lowest learning focus value. Data collection techniques using tests and observations. Data analysis techniques using simple linear regression test and t test. The results of this study indicate that there is a significant influence of the use of problem based learning models on thematic learning outcomes and there are significant differences from the use of problem based learning models on thematic learning outcomes. Keywords: learning outcomes, problem based learning model, thematic.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 13 Apr 2022 07:45
Terakhir diubah: 13 Apr 2022 07:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59713

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir