PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

ARIFUL HAKIM , 1513033002 (2021) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2340Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2340Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan belajar siswa merupakan salah satu indikator sukses atau tidak dalam tujuan pembelajaran, namun harus di dorong oleh kesiapan belajar siswa. Sehingga akan menjadikan siswa yang berkualitas yang dapat memajukan perkembangan pendidikan di dalam suatu bangsa. Kesiapan belajar sangat diperlukan bagi siswa dalam proses belajar dalam kelas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah siswa kelas X SMK N 2 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2020/2021? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran sejarah SMK N 2 Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik (Uji Validitas Angket, Uji Reabilitas, Uji Normalitas, Uji Himogenitas, Uji Linearitas, Uji Regresi Sederhana). Diketahui nilai constan (a) 15,329, sedang nilai kesiapan belajar (b/koefisien regresi) sebesar 0,017, sehingga persamaan regresi dapat ditulis: Y = 15,329 + 0,017x persamaan tersebut dapat diterjemahkan sebagai berikut: (1) Kostanta sebesar 15,329, mengandung arti bahwa nilai konsisten variabel hasil belajar adalah sebesar 15,329. (2) Koefisien regresi X sebesar 0,017 menyatakan bahwa setiap penambahan nilai kesiapan belajar, maka nilai hasil belajar belajar bertambah sebesar 0,017. Koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X (kesiapan fisik, kesiapan psikis, dan kesiapan materil) terhadap variabel Y (hasil belajar) adalah positif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan kesiapan belajar (kesiapan fisik, kesiapan psikis, dan kesiapan materil) terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X SMK N 2 Bandar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020 hal ini dapat dilihat dari nilai koefisien arah regresi yang menunjukan angka peningkatan pengaruh (b) sebesar 0,017 perunitnya, yang memiliki kekuatan pengaruh positif yang tinggi. Serta memiliki nilai signifikan 0,917 > 0,05. Dengan demikian berarti kesiapan belajar yang baik maka berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar siswa. Kata Kunci : Kesipan Belajar dan Hasil Belajar Student learning objectives are an indicator of success or failure in learning objectives, but must be encouraged by student learning readiness. So that it will make quality students who can advance the development of education in a nation. Readiness to learn is necessary for students in the learning process in the classroom. The formulation of the problem in this study is whether there is a significant effect of learning readiness on student learning outcomes in history subjects for class X students of SMK N 2 Bandar Lampung in the 2020/2021 school year? The purpose of this study was to determine the effect of learning readiness on student learning outcomes in history lessons at SMK N 2 Bandar Lampung. This research uses quantitative research with survey method. The data analysis technique used in this study is the classical assumption test (Questionnaire Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Hymogenicity Test, Linearity Test, Simple Regression Test). It is known that the constant value (a) is 15.329, while the value of learning readiness (b/regression coefficient) is 0.017, so the regression equation can be written: Y = 15.329 + 0.017x The equation can be translated as follows: (1) The constant is 15.329, meaning that the consistent value of the learning outcomes variable is 15.329. (2) The X regression coefficient of 0.017 states that for every addition to the value of learning readiness, the value of learning outcomes increases by 0.017. The regression coefficient is positive, so it can be said that the direction of the influence of variable X (physical readiness, psychological readiness, and material readiness) on variable Y (learning outcomes) is positive. Based on the results of data analysis and discussion, it can be concluded that: There is a positive and significant influence of learning readiness (physical readiness, psychological readiness, and material readiness) on the learning outcomes of history students in class X SMK N 2 Bandar Lampung for the Academic Year 2019/2020, this can be seen from the value of the regression direction coefficient which shows the increasing number of effects (b) of 0.017 per unit, which has a high positive influence strength. And has a significant value of 0.917 > 0.05. Thus, it means that good learning readiness has an effect on increasing student learning outcomes. Keywords: Readiness to Learn and Learning Outcomes

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah dan Geografi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2203740104 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:44
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 02:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59748

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir