KAJIAN ALTERNATIF MANAJEMEN LALU LINTAS AKIBAT PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN DI KAWASAN CEPAT TUMBUH (Studi Kasus : Koridor Jalan Hi Pangeran Suhaimi-Terusan Ryacudu, Perbatasan Kota BandarLampung-Kabupaten Lampung Selatan)

RESTI AGUSTINA , 1625011017 (2019) KAJIAN ALTERNATIF MANAJEMEN LALU LINTAS AKIBAT PERUBAHAN TATA GUNA LAHAN DI KAWASAN CEPAT TUMBUH (Studi Kasus : Koridor Jalan Hi Pangeran Suhaimi-Terusan Ryacudu, Perbatasan Kota BandarLampung-Kabupaten Lampung Selatan). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3365Kb)
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3366Kb) | Preview

Abstrak

Perubahan tata guna lahan sangat cepat mempengaruhi sistem jaringan transportasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja ruas jalan, kinerja simpang, dan alternatif untuk mengatasi kemacetan akibat perubahan tata guna lahan. Jumlah bangkitan pergerakan yang dihasilkan berasal dari penggunaan lahan sebagai sarana pendidikan, perkantoran, kesehatan, perumahan dan pintu tol keluar-masuk di Kota Baru. Metode yang digunakan dengan melakukan survei lalu lintas, mengumpulkan data, dan analisis dengan MKJI 1997. Berdasarkan analisis data penelitian tahun 2018 untuk manajemen lalu lintas alternatif diterapkan pada simpang empat dengan pelebaran jalan dan pemasangan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) dan simpang tiga dengan pembebasan lahan untuk perubahan jalur, pelebaran jalan, pemasangan lampu lalu lintas warna kuning, dan pembukaan median untuk u-turn atau berpindah jalur. Untuk 5 Tahun ke depan tahun 2023 pada simpang empat pelebaran dan pemasangan APILL dan pembangunan bundaran pada simpang tiga. Untuk 10 Tahun ke depan pada tahun 2028 alternatif yang sebelumnya tidak dapat diterapkan. Solusi yang bisa diterapkan dengan membangun flyover atau jembatan layang di sepanjang koridor Jalan Hi. P. Suhaimi-Terusan Ryacudu dan solusi lain dengan membuka jalan alternatif lain untuk mengurangi beban volume kendaraan di jalan utama. Kata kunci : tata guna lahan, kinerja simpang, manajemen lalu lintas 2 ABSTRACT The change in land use is very fast affecting the transportation network system. The purpose of this research is to determine road performance, performance of intersection, and alternatives to overcome congestion due to land use change. The number of trip generation generated comes from the land use as educational facilities, office, health, housing and toll gates entry in Kota Baru. Methods used by conducting traffic surveys, collecting data, and analysis with MKJI 1997. Based on the analysis of 2018 research data for alternative traffic management applied at the intersection of four by widening the road and installing Traffic Lights and intersection of three with land acquisition for lane change, road widening, installation of yellow traffic lights, and opening of the median for uturn or change lanes. For the next 5 years in 2023 at the intersection of four widening and installation of Traffic Lights and the construction of a roundabout at the intersection of three. For the next 10 years in 2028 alternatives which previously could not be applied. Solution that can be applied by building flyovers or overpasses along Jalan Hi corridors. P. Suhaimi-Terusan Ryacudu and other solutions by opening other alternative roads to reduce the burden on the volume of vehicles on the main road. Keywords: land use, intersection performance, traffic management

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Teknologi > Teknik Sipil
Teknologi > Teknik Sipil

600 Teknologi
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi Magister Teknik Sipil
Depositing User: 2018085461 . Digilib
Date Deposited: 14 Nov 2019 08:02
Last Modified: 14 Nov 2019 08:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59751

Actions (login required)

View Item View Item