PENGEMBANGAN EKOWISATA : STRATEGI PEMANFAATAN LIMBAH PARIWISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Program Amati Indonesia di Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara)

Imas Salamah, 1816011044 (2022) PENGEMBANGAN EKOWISATA : STRATEGI PEMANFAATAN LIMBAH PARIWISATA BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (Studi Program Amati Indonesia di Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (179Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1678Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1264Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengembangan ekowisata : strategi pemanfaatan limbah pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat dalam Program Amati Indonesia di Dusun Pamah Simelir, Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan Program Amati Indonesia telah bertanggungjawab terhadap pemanfaatan limbah plastik, minyak jelantah, dan asam kencong serta ecobrick, sabun organik, dan sirup. Indikator pengembangan ekowisata ada tiga yaitu berkelanjutan secara lingkungan, ekonomi, dan sosial budaya. Strategi yang telah dilakukan kurang memenuhi indikator karena penurunan limbah kurang efektif, pengelolaannya perlu melibatkan pengunjung dengan edukasi, pasar produk sovenir masih terbatas sesuai kualitas dan kuantitas pengunjung wisata, serta proses pelestarian nilai budaya berjalan lambat. Rekomendasi untuk pengembangan selanjutnya adalah koordinasi yang intens dari seluruh stakeholder serta pengembangan jaringan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 303 Proses sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203820434 . Digilib
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:48
Terakhir diubah: 14 Apr 2022 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59758

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir