IMAWATI ROHANA, 1713022041 (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY LABORATORY PADA MATERI ELASTISITAS BERBASIS E-LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (2379Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2254Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada materi elastisitas berbasise-learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswasecara keseluruhan danterhadap masing-masingindikatorkemampuan berpikir kritis.Desain penelitian ini yaitu pre experimental designdengan jenisone group pre-test post-test design.Penelitian ini menerapkan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada dua kelas sampel yaitu kelas XI IPA 4 dan XI IPA 5.Datates kemampuan berpikir kritis siswabaikpre-testmaupunpost-testdiuji menggunakananalisis independent sample t-test,diperoleh nilaisig. (2-tailed) pre-testsebesar 0,03 yang menujukan terdapat perbedaan yang signifikan dansig. (2-tailed)post-test diperoleh0,06 yang menunjukan tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada kedua kelas sampel setelah diberi perlakukan.Kemudian hasil analisis ujiN-gainmenunjukan nilairata-rataN-gainsebesar 0,36 dengan kategori sedangdanhasil ujiN-gainpada masing-masingindikator kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan, pada indikator menganalisis argumen59%,bertanya dan menjawab pertanyaan18%, menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi sebesar45%, membuat dan menentukan hasil pertimbangan24%,danmenentukan suatu tindakan39%.Kemudian pada uji hipotesispaired sample t-testdiperoleh nilaisig. (2-tailed)sebesar 0,000.Hal ini menunjukanbahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaranguided inquiry laboratorypada materi elastisitas berbasise-learningterhadap kemampuan berpikir kritis siswa secara keseluruhandanterhadapmasing-masingindikator kemampuan berpikir kritissiswa. Kata Kunci :kemampuan berpikir kritis, elastisitas, model pembelajaran guided inquiry laboratory
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 2203447745 . Digilib |
Date Deposited: | 14 Apr 2022 06:38 |
Terakhir diubah: | 14 Apr 2022 06:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59792 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |