E-MODUL MEMBACA TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN SQ3R MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA

Dwi Pulsha Apriliande, 1723041003 (2020) E-MODUL MEMBACA TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN SQ3R MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT) - Dwi Pulsha Apriliande, M. Pd..pdf

Download (103Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - Dwi Pulsha Apriliande, M. Pd..pdf

Download (6Mb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL - Dwi Pulsha Apriliande, M. Pd..pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1369Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan bahan ajar yang digunakan guru menyebabkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang lebih menarik sebab selama ini guru selalu menggunakan buku teks dalam proses pembelajaran. Bedasar pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar multimedia interaktif berupa modul elektronik (e-Modul), mendeskripsikan kelayakan e-Modul, dan menguji efektivitas e-Modul membaca teks eksposisi melalui pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi android. Sejalan dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian mengacu pada model penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi enam dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran angket di tiga sekolah, yakni SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15 Bandar Lampung, dan SMA Taman Siswa Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk bahan ajar multimedia interaktif yang berhasil dikembangkan berupa “e-Modul membaca teks eksposisi melalui pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi android untuk siswa kelas X SMA”, 2) kelayakan e-Modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” dengan presentasi penilaian 93 oleh ahli materi, presentasi penilaian 95 oleh ahli media, dan presentasi penilaian 95,75 oleh praktisi, 3) e-Modul cukup efektif meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dengan N-Gain sebesar (0,68), (0,67), dan (0,67) termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Kata kunci: e-modul, teks eksposisi, pendekatan SQ3R, aplikasi android The problem in this study is related to the limitations of teaching materials used by teachers, causing students' needs for more interesting teaching materials because so far the teacher always uses textbooks every learning process. Based on this, this research aims to produce interactive multimedia teaching materials in the form of electronic module (e-Module), describe the feasibility of e-Module, and test the effectiveness of e-Module reading exposition text through SQ3R using an android application. In line with the research objectives, the research method refers to a research and development model that adapts six of the ten steps in research and development procedures according to Borg and Gall. Data collection techniques through documentation, observations, interviews, and questionnaires in three schools, namely SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15 Bandar Lampung, and SMA Taman Siswa Bandar Lampung. The results showed 1) interactive multimedia teaching material product successfully developed in the form of “e-Module reading exposition text through SQ3R approach using an android application for Tenth Grade students of Senior High School”, 2) the overall eligibilityof the e-Module was declared “very feasible” with 93 assessment presentation by material experts, 95 assessment presentation by media experts, and 95,75 assessment presentation by practitioner, 3) e-Module is quite effective in improving the reading skills of exposition text with N-Gain from (0,68), (0,67), and (0,67) are included in the “effective enough” category. Keywords: e-module, exposition text, SQ3R approach, android application

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: UPT . Digilib2
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:07
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59898

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir