PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAPKEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NU NEGARABATIN KOTAAGUNG BARATTAHUN AJARAN 2018/2019

DETI ANJARWATI, 1513033040 (2019) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAPKEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTs NU NEGARABATIN KOTAAGUNG BARATTAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2057Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1651Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi pendahuluan di MTs NU Negarabatin, hanya beberapa siswa yang aktif dalam belajar pada Mata Pelajaran IPS. Salah satu cara meningkatkan keaktifan lisan siswa yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan mencurahkan pendapat. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ apakah ada pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keaktifan Lisan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Brainstorming terhadap keaktifan lisan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini merupakan preeksperimental design dengan menggunakan one group pretest-postest.. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII , dengan sampel 30 siswa, pengambilan sampel menggunakan teknik Sampel jenuh. Instrumen penelitian adalah Angket dengan 22 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa Penggunaan metode Brainstorming berpengaruh terhadap keaktifan lisan siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII MTs NU Negarabatin Kotaagung Barat, diketahui pengaruhnya sebelum diterapkan metode Brainstorming terdapat 10 siswa yang kurang setuju ( KS ) presentase 33,3 % , 11 siswa setuju ( S ) presentase 36,6 %, dan 9 siswa sangat setuju ( SS ) presentase 30 % pada kategori kategori sedang . Selanjutnya setelah diterapkan metode Brainstorming terdapat 12 siswa setuju ( S ) presentase 40 %, dan 18 siswa yang sangat setuju ( SS ) 60 % pada kategori tinggi dalam belajar yang dilakukan oleh peneliti. Kata kunci : pengaruh, Brainstorming, keaktifan siswa

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2018088982 . Digilib
Date Deposited: 04 Dec 2019 08:04
Last Modified: 04 Dec 2019 08:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59906

Actions (login required)

View Item View Item