PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENYULUHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING: MODUL PENULISAN SURAT DINAS BAGI GURU BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Hasnawati Nasution, 1923041003 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENYULUHAN BAHASA INDONESIA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING: MODUL PENULISAN SURAT DINAS BAGI GURU BAHASA INDONESIA TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
1. abstrak.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] FIle PDF
tesis full unggah perpus.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
tesis full tanpa bab IV.pdf

Download (2172Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar penyuluhan bahasa Indonesia berupa modul penulisan surat dinas berbasis model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan modul penulisan surat dinas yang berbasis model pembelajaran PBL yang digunakan untuk penyuluhan bahasa Indonesia bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP dan 2) menilai kelayakan modul penulisan surat dinas tersebut sebagai bahan ajar untuk kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg and Gall hingga tahapan ketujuh. Metode yang digunakan untuk menganalisis data penilaian para ahli dan praktisi adalah dengan teknik analisis skala Likert yang diungkap dengan distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan. Proses penelitian pengembangan modul melalui tujuh tahapan yakni, 1) pengumpulan potensi masalah dengan cara melakukan penelitian pendahuluan berupa studi analisis kebutuhan guru bahasa Indonesia tingkat SMP dan penyuluh bahasa Indonesia di kantor Bahasa Lampung, 2) mengumpulkan data untuk menyusun draf modul penulisan surat dinas, 3) mendesain modul berbasis PBL, 4) memvalidasi modul kepada ahli materi, ahli media dan praktisi, 5) merevisi modul sesuai saran validator, 6) melakukan uji coba modul pada kegiatan penyuluhan penulisan surat dinas bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP, dan 7) merevisi modul hingga menghasilkan produk akhir modul penulisan surat dinas bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP. Modul ini disusun berbasis PBL. Tahapan kegiatan PBL diimplementasikan secara eksplisit pada bagian kegiatan belajar. Kelayakan modul penulisan surat dinas sebagai bahan ajar diperoleh berdasarkan penilaian para ahli. Ahli materi menilai modul sangat layak dengan persentase sebesar 93,7%. Ahli media menilai modul sangat layak dengan persentase sebesar 91,2%, dan praktisi menilai modul sangat layak dengan persentase sebesar 88%. Berdasarkan penilaian para ahli dan praktisi, modul in telah layak digunakan sebagai bahan ajar penyuluhan bahasa Indonesia untuk materi penulisan surat dinas. Selanjutnya modul diuji coba melalui kegiatan penyuluhan penulisan surat dinas bagi guru bahasa Indonesia tingkat SMP. Penyuluh menilai kelayakan modul sangat layak dengan persentase 98.5% dan peserta penyuluhan juga menilai modul sangat layak dengan persentase nilai sebesar 95,4 %. Berdasarkan penilaian validator, penyuluh, dan pesuluh modul ini sudah sangat layak sehingga modul ini dapat digunakan sebagai bahan ajar pada kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia. Kata kunci: penulisan surat dinas, penyuluhan bahasa Indonesia, modul berbasis problem based learning

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa > 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: 2203125347 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:26
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 07:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59943

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir