PENGARUH KEMAMPUAN BERDISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MODEL DEBATE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

Nur Fajar Chyng, 1413033052 (2019) PENGARUH KEMAMPUAN BERDISKUSI DALAM PEMBELAJARAN MODEL DEBATE TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2609Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1866Kb) | Preview

Abstrak

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar siswa memiliki kemampuan berbicara yang baik dan benar di antaranya kemampuan berdiskusi dalam pembelajaran model debate. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan berdiskusi dalam pembelajaran model debate terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berupa hubungan kausal (sebab-akibat). Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 156 siswa. Sampel kelas kontrol dan eksperimen ditetapkan masing-masing sebesar 20% berjumlah 31 siswa. Teknik samplingnya Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data observasi, kepustakaan, dan angket. Teknik analisis data statistic parameterik Chi Kuadrat. Hasil analisis data penelitian didapatkan, bahwa > (40,3>16,92), taraf signifikansi 5% (α 0,05) pada d.b = 9. Dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Ini berarti bahwa, terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan berdiskusi dalam pembelajaran model debate terhadap kemampuan berbicara pada mata pelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 13 Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019. Kata kunci: kemampuan berdiskusi, pembelajaran model debate, kemampuan berbicara. One of the learning models that can be used to allow students to have good and correct speaking skills, including the ability to discuss in the study of the model debate. The purpose of the research is to know the influence of positive and significant discussion ability in the study of model debate on the ability to speak in the subjects of class XI IPS students' history of Bandar Lampung school year 2018/2019. This type of research is quantitative research into causal relationships. The population of this study of all grade XI students majoring in IPS SMAN 13 Bandar Lampung school year 2018/2019 amounted to 156 students. The control and experiment class samples were set at 20% respectively by 31 students. The sampling technique of Simple Random Sampling. The techniques for collecting observation, literature, and poll data. Data analysis technique statistic parameteric Chi squared. Analysis results of research data obtained, that > (40,3>16,92), the equivalent of 5% significance (α=0.05) on d.b = 9. Thus Ho rejected and H1 accepted. This means that, there is a positive and significant influence of the ability to discuss in the study of the model debate on the ability to speak in the subjects of students of the history of class XI IPS SMAN 13 Bandar Lampung school year 2018/2019. Keywords: ability to discuss, study model debate, ability to speak.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 900 Sejarah
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 2018083455 . Digilib
Date Deposited: 12 Dec 2019 02:40
Last Modified: 12 Dec 2019 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59982

Actions (login required)

View Item View Item