Reza Kurniawan , 1616011026 (2022) HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK , UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1675Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1516Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kualitas pelayanan puekesmas Rajabasa Indah yang kemudian dikaitkan dengan kepuasan pasien puskesmas yang menerima pelayanan. Puskesmas sebagai sarana pelayanan pertama Kesehatan masyarakat seringkali mendapatkan stigma yang buruk dikarenakan memori kolektif masyarakat tentang pelayanan puskesmas yang buruk, gedungnya yang kurang memadai, dan sarana yang kurang lengkap. Padahal puskesmas saat ini sudah berbenah untuk menjadi lebih baik, dengan mengadakan puskesmas rawat jalan dan puskesmas rawat inap. Puskesmas juga meningkatkan kapasitasnya dengan dokter yang berkompeten. Pelayanan juga sudah ditingkatkan setiap tahunnya, akan tetapi masih banyak orang yang memandang sebelah mata pelayanan yang diberikan oleh puskesmas. Penelitian ini melihat bagaimana penilaian responden terhadap pelayanan yang diberikan oleh puskesmas dengan melibatkan 240 orang responden yang didapatkan dengan caraaccidental samplingatau dengan memberikan kuesioner kepada responden yang sedang berada di puskesmas saat itu, dan bersedia untuk diminta waktunya. Hasilnya, dari 240 orang responden, 40% menyatakan masih merasa kurang dengan pelayanan yang diberikan oleh puskesmas. Hasil uji statistik juga menunjukkan hal yang sama, melalui chi squareseluruh dimensi pelayanan yang diberikan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy) menunjukkankorelasi dengan kepuasan pasien. Dengan nilai p (p= 0,000) dan (α= 0,05) yang artinya Ho ditolak, maka hal tersebut membuat keputusan bahwa ada hubungan antara kualitas pelayanan puskesmas dengan kepuasan pasien. Kata Kunci: Puskesmas, Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien. ABSTRACT THE RELATION OF THE QUALITY OF HEALTH SERVICES WITH PATIENT SATISFACTION IN COMMUNITY HEALTH SERVICES (Study atPuskesmasRajabasa Indah, Rajabasa Pemuka Village, Rajabasa District, Bandar Lampung City) By Reza Kurniawan This study aims to look at the service quality of the Rajabasa Indah Public Health Center which is then associated with the satisfaction of puskesmas patients who receive services. Puskesmas as the first service facility Public health often gets a bad stigma due to the community's collective memory of poor puskesmas services, inadequate buildings, and incomplete facilities. In fact, the current health center has made improvements to become better, by establishing an outpatient health center and an inpatient health center. The Puskesmas also increases its capacity with competent doctors. Services have also been improved every year, but there are still many people who underestimate the services provided by the puskesmas. This study looks at how respondents evaluate the services provided by the puskesmas by involving 240 respondents who were obtained by accidental sampling or by giving questionnaires to respondents who were at the puskesmas at that time, and were willing to be asked for their time. As a result, out of 240 respondents, 40% stated that they still felt inadequate with the services provided by the puskesmas. The results of statistical tests also show the same thing, through chi square all dimensions of services provided (tangible, reliability, responsiveness, assurance, and empathy) show a correlation with patient satisfaction. With p values(p = 0.000) and (α = 0.05) which means Ho is rejected, it makes a decision that there is acorrelationbetween the quality of health care services and patient satisfaction. Keywords: Puskesmas, Health Services, Patient Satisfaction.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial; asosiasi > 361 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial 300 Ilmu sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial; asosiasi > 363 Masalah dan layanan, kesejahteraan sosial lainnya |
Program Studi: | Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi |
Pengguna Deposit: | 2203658214 . Digilib |
Date Deposited: | 19 Apr 2022 06:31 |
Terakhir diubah: | 19 Apr 2022 06:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59983 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |