HUBUNGAN KUALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK TAHUN 2021

Pius Ave Rafael Silalahi, 1858011014 (2022) HUBUNGAN KUALITAS PENGGUNAAN ANTIBIOTIK DENGAN LAMA RAWAT INAP PADA PASIEN PNEUMONIA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK TAHUN 2021. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1819Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (1817Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Pneumonia adalah peradangan yang mengenai parenkim paru, distal dari bronkiolus terminalis yang mencakup bronkiolus respiratorius, dan alveoli. Penatalaksanaan pneumonia berupa terapi antibiotik dan suportif. Pemakaian antibiotik tepat dan rasional akan mengurangi dampak dari penyakit. Antibiotik yang digunakan secara tidak tepat dan irasional dapat menimbulkan dampak yang lebih berbahaya yaitu akan terjadi resistensi antibiotik dan berdampak pada lama rawat inap pasien. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas penggunaan antibiotik dengan lama rawat inap pada pasien pneumonia. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunaakan desain observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 29 pasien pneumonia dengan kode rekam medis ICD-X J18.9 yang menjalani rawat inap di RSUD Dr. H.Abdul Moeloek Tahun 2021. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek. Kualitas antibiotik dinilai dan dievaluasi menggunakan kriteria Gyssens. Analisis data menggunakan uji chi-square yang disajikan dalam bentuk tabel. Hasil Penelitian: Hasil analisis statistik bivariat berupa kualitas antibiotik dan lama rawat inap menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas penggunaan antibiotik dengan lama rawat inap pada pasien pneumonia di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Abdul Moeloek Tahun 2021 dengan nilai p 0,010. Simpulan: Terdapat hubungan kualitas penggunaan antibiotik dengan lama rawat inap pasien pneumonia di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Tahun 2021. Kata Kunci: kriteria gyssen, kualitas penggunaan antibiotik, lama rawat inap.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203157884 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:51
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 07:51
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59990

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir