KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) BERBASIS RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP) DENGAN BAHAN TAMBAH LIMBAH ARANG TEMPURUNG KELAPA (ATK)

BIMA DEPATI PRATAMA PUTRA RACHMAN, 1615011053 (2022) KARAKTERISTIK MARSHALL PADA CAMPURAN SPLIT MASTIC ASPHALT (SMA) BERBASIS RECLAIMED ASPHALT PAVEMENT (RAP) DENGAN BAHAN TAMBAH LIMBAH ARANG TEMPURUNG KELAPA (ATK). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img] FIle PDF
ABSTRAK.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (13Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2415Kb)
[img] FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2038Kb)

Abstrak

Jalan aspal yang mengalami kerusakan dapat dilakukan perbaikan dengan Reclaimed Asphalt Pavement (RAP). Metode ini dilakukan dengan menggunakan limbah aspal yang dihancurkan menjadi bongkahan dan nantinya dimanfaatkan kembali. Namun, dikarenakan perkerasan ini memiliki kelemahan dalam hal kualitas, maka dilakukan suatu inovasi dengan penambahan limbah Arang Tempurung Kelapa (ATK) sebagai bahan tambah pada aspal. Penelitian ini didasarkan pada pengujian Marshall untuk mengetahui kinerja campuran Split Mastic Asphalt (SMA) dengan arang tempurung kelapa. Dari hasil pengujian Karateristik Marshall pada campuran SMA berbasis RAP dengan penambahan kadar aspal ATK, menunjukan bahwa pada setiap penambahan kadar aspal ATK sebesar 3% secara berturut-turut akan mengalami peningkatan nilai satabilitas dengan diperoleh kenaikan nilai rata-rata sebesar 9% pada RAP 25%, 7% pada RAP 50% dan 6% pada RAP 75%. Sehingga pada pengujian IKS dapat disimpulkan bahwa bahan tambah ATK dapat meningkatkan nilai IKS sebagai indikator durabilitas campuran aspal.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2203350104 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 06:41
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60004

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir