PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (CURAT) MENGGUNAKAN METODE TRACE IMEI (Studi Pada Polres Pesawaran)

Andika Kurniawan , 1852011005 (2022) PELAKSANAAN PENYIDIKAN TINDAK PIDANA PENCURIAN DENGAN PEMBERATAN (CURAT) MENGGUNAKAN METODE TRACE IMEI (Studi Pada Polres Pesawaran). FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (56Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (831Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (761Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ANDIKA KURNIAWAN Penyidikan merupakan serangkaian tindakan penyidik dalam yang dilaksanakan berdasarakan cara yang diatur dalam undang-undang untuk mencari serta mengumpulkan bukti yang terjadi dan guna menemukan tersangkanya (Pasal 1 angka 2 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana). Pelaksanaan penyelidikan serta penyidikan diawali setelah adanya laporan, pengaduan, dan informasi dari masyarakat dimana telah diketahui atau diduga terjadi suatu tindak pidana. Penyelenggaraan peradilan pidana adalah sebuah kebijakan yakni kebijakan perlindungan masyarakat (social defence policy). Kebijakan melindungi masyarakat adalah diarahkan kepada perlindungan dari berbagai gangguan keamanan dan keselamatan serta kehormatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dan pendekatan yuridis empiris, yang mana menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan dan dilengkapi dengan narasumber yaitu penyidik Polres Pesawaran dan Dosen Bagian Hukum Pidana Fakultas Hukum Universitas Lampung. Hasil penelitian yang didapat ialah dari penyidikan dan proses hukum kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan (Curat) terdakwa Mat Yusuf , dimana dalam putusan pengadilan negeri Gedongtataan Nomor 96/Pid.B/2021/PN Gdt , menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Mat Yusup dengan pidana penjara selama 1 (satu) tahun dan 8 (delapan) bulan. Hambatan maupun kendala yang dihadapi secara langsung oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Lampung terkhusus Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Pesawaran dalam proses penyidikan Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan (Curat) masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan, serta metode pelacakan dan pencarian baik alat bukti dan kejahatan yang semakin tinggi serta lebih berkualitas. Saran dalam penelitian ini adalah Kepolisian Negara Republik Indonesia membutuhkan peralatan yang mendukung berbagai kegiatan penyidikan serta perawatan atas barang yang telah menjadi program pengadaan. Namun mengingat kurangnya sosialisasi tentang Keputusan Kapolri No. Pol : Kep/34/VIII/2008 tentang indikator Kinerja Utama di lingkungan Polri. Kata kunci : Penyidikan Tindak Pidana Pencurian, Metode Trace IMEI

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 340 Ilmu hukum > 345 Hukum pidana
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Pengguna Deposit: 2203455955 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:49
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60008

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir