PENGARUH HAMBATAN SAMPING JALAN TERHADAP KECEPATAN LALU LINTAS DEPAN PASAR STASIUN LABUHAN RATU (Studi Kasus Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu)

AYU LENA MEILINA, 1715011056 (2022) PENGARUH HAMBATAN SAMPING JALAN TERHADAP KECEPATAN LALU LINTAS DEPAN PASAR STASIUN LABUHAN RATU (Studi Kasus Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img] File PDF
FILE SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2959Kb)
[img]
Preview
File PDF
FILE SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1999Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PENGARUH HAMBATAN SAMPING JALAN TERHADAP KECEPATAN LALU LINTAS DEPAN PASAR STASIUN LABUHAN RATU (Studi Kasus Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu) Oleh AYU LENA MEILINA Hambatan Samping yang terjadi di ruas Jalan Untung Suropati Tepatnya di kawasan pasar Stasiun Labuhan Ratu seperti penggunaan bahu jalan sebagai tempat parkir, badan jalan yang digunakan oleh pejalan kaki, kendaraan yang masuk keluar pasar, bongkar muat barang yang dilakukan di badan jalan, serta kendaraan yang berhenti untuk menaik dan menurunkan. Palang kereta api yang berdekatan dengan pasar akan mempengaruhi arus lalu lintas, serta keluar masuknya kendaraan di kereta api kereta api akan menimbulkan hambatan samping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh hambatan samping yang terjadi serta bagaimana pengaruh hambatan tersebut terhadap kecepatan kendaraan di Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu. Data Hambatan Samping, kecepatan dan volume lalu lintas langsung dengan melakukan survei selama 1 hari dan dianalisis dengan menggunakan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia 2014, sedangkan untuk pengaruh hambatan samping terhadap kecepatan dianalisis menggunakan regresi linier dengan bantuan Microsoft Excel. Dari penelitian ini didapat volume tertinggi pada senin sore pukul 17.15-17.20 WIB sebesar 793 skr/jam, kecepatan tertinggi pada senin sore sebesar 16.422 km/jam, hambatan samping tertinggi pada senin pagi sebesar 138,4. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa faktor yang paling berpengaruh terhadap kecepatan pada senin pago di Jalan Untung Suropati adalah hambatan samping, arus lalu lintas, pejalan kaki, dan kendaraan masuk atau keluar sisi jalan. Sedangkan, faktor yang paling berpengaruh terhadap kecepatan pada senin sore di Jalan Untung Suropati adalah hambatan samping, pejalan kaki, dan kendaraan masuk atau keluar sisi jalan. Kata Kunci: Arus lalu lintas, hambatan samping, kecepatan. ABSTRACT THE EFFECT OF ROAD SIDE FRICTION ON SPEED OF VEHICLES IN FRONT OF MARKET LABUHAN RATU STATION (Case Study on Untung Suropati Road Labuhan Ratu) By AYU LENA MEILINA Side friction that occur on Jalan Untung Suropati to be precise in the market area of Labuhan Ratu Station such as the use of the shoulder of the road as a parking lot, the road used by pedestrians, vehicles entering and leaving the market, loading and unloading of goods carried out on the road, as well as vehicles used by pedestrians. stop to go up and down. The railroad crossing adjacent to the market will affect traffic flow, and the entry and exit of vehicles on the train will cause side barriers. This study aims to determine how much influence the side barriers that occur and how these obstacles affect vehicle speed on Jalan Untung Suropati Labuhan Ratu. Side drag, speed and volume of direct traffic data by conducting a survey for 1 day and analyzed using the 2014 Indonesian Road Capacity Guidelines, while the effect of side barriers on speed was analyzed using linear regression with the help of Microsoft Excel. From this study, it was found that the highest volume on Monday afternoon at 17.15-17.20 WIB was 793, the highest speed on Monday afternoon was 16,422 km/hour, the highest side drag on Monday morning was 138.4. Based on the results of multiple linear regression analysis, it can be seen that the most influential factors on speed on Monday morning on Untung Suropati Road are side barriers, traffic flow, pedestrians, and vehicles entering or exiting the side of the road. While the factors that most influence the speed on Monday afternoon on Untung Suropati Road are side barriers, pedestrians, and vehicles entering or exiting the side of the road. Keywords: Side barrier; speed, traffic flow.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 601 Filsafat dan teori tentang teknologi dan ilmu terapan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Sipil
Pengguna Deposit: 2203460516 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 08:03
Terakhir diubah: 19 Apr 2022 08:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60020

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir