PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PADA MATERI KIMIA BERBASIS GOOGLE WORKSPACE TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI ERA NEW NORMAL

AGUSTIAN KAHAR HIDAYAT, 2023013008 (2022) PENGEMBANGAN UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI PADA MATERI KIMIA BERBASIS GOOGLE WORKSPACE TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI ERA NEW NORMAL. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (245Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS FULL.pdf

Download (8Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

The purpose of this study was to develop and make the Independent Learning Activity Unit (UKBM) effective on google workspace-based chemistry in terms of student learning independence. The type of research used is development (R&D) with the Dick & Carey development model. The research subject is class XII MIPA at SMA Negeri 1 Pringsewu TP 2021/2022 with data analysis techniques including Normalized N-Gain analysis and Two-Paired T-Test. The results of the research are: (1) SMAN 1 Pringsewu has the potential and conditions to be developed by UKBM to improve learning outcomes; (2) UKBM development process on google workspace-based corrosion materials based on the results of material, design and media validation tests were 88.75%, 87.50% and 91.65%. On the aspect of attractiveness of appearance and content; ease of users to understand the content of the material and language; as well as the usefulness function aspects of the results of the limited test and the main field test are 94.58% and 92.22%, respectively. The evaluation instruments and learning independence questionnaires were declared valid and reliable; (3) The characteristics of UKBM development products include: (a) in accordance with the application of the SKS curriculum; (b) based on basic competencies; (c) a combination of several textbooks so as to provide a complex literature; (d) designed based on indicators of completeness or competency achievement of each sub-material in the learning material; (e) the form of student- centered learning activities; (f) providing opportunities for students to take an action to better understand the concept; (g) the questions are given based on the student’s ability; and (h) hone students’ learning independence; (4) The level of effectiveness of student learning outcomes in the high independence group is 0.72 (very effective), the level of effectiveness of student learning outcomes in the medium and low independence group is 0.60 and 0.56 (effective). Keywords: UKBM, Google Workspace, Learning Outcomes, Independent Learning Agustian Kahar Hidayat Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan mengefektifkan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) pada materi kimia berbasis google workspace ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Dick & Carey. Subjek penelitian adalah kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Pringsewu TP 2021/2022 dengan teknik analisis data meliputi analisis N-Gain Ternormalisasi dan Uji T Dua Pihak. Hasil penelitian adalah: (1) SMAN 1 Pringsewu mempunyai potensi dan kondisi untuk dikembangkan UKBM untuk meningkatkan hasil belajar; (2) Proses pengembangan UKBM pada materi korosi berbasis google workspace berdasarkan hasil uji validasi materi, desain dan media adalah 88,75%, 87,50% dan 91,65%. Pada aspek kemenarikan tampilan dan isi; kemudahan pengguna untuk memahami isi materi dan kebahasaan; serta aspek fungsi kemanfaatan dari hasil uji terbatas dan uji lapangan utama adalah 94,58% dan 92,22%. Instrumen evaluasi dan angket kemandirian belajar dinyatakan valid dan reliabel.; (3) Karakteristik produk pengembangan UKBM meliputi: (a) sesuai dengan penerapan kurikulum SKS; (b) berbasis kompetensi dasar; (c) gabungan dari beberapa buku teks pelajaran sehingga memberikan literatur yang komplek; (d) didesain berdasarkan indikator ketuntasan atau pencapaian kompetensi setiap sub materi dalam materi pembelajaran; (e) bentuk kegiatan pembelajarannya berpusat pada siswa; (f) memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan suatu tindakan agar lebih memahami konsep; (g) soal yang ada diberikan berdasarkan keadaan kemampuan siswa; dan (h) mengasah kemandirian belajar siswa.; (4) Tingkat efektivitas hasil belajar siswa kelompok kemandirian tinggi sebesar 0,72 (sangat efektif), tingkat efektivitas hasil belajar siswa kelompok kemandirian sedang dan rendah berturut-turut 0,60 dan 0,56 (efektif). Kata Kunci : UKBM, Google Workspace, Hasil Belajar, Kemandirian Belajar

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 001 Ilmu pengetahuan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203456159 . Digilib
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:29
Terakhir diubah: 10 Jun 2022 13:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60021

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir