PENGARUH PERMAINAN ESTAFET TERHADAP PENINGKATAN TEAMBUILDING PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

Amri Pardomuan.S, 1613051058 (2022) PENGARUH PERMAINAN ESTAFET TERHADAP PENINGKATAN TEAMBUILDING PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (226Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Seharusnya mengembangkan betapa sulitnya mengajarkan gerak terutama pada anak-anak berkebutuhan khusus atau disabilitas apa lagi anak-anak ini terdiri sebagian kelas campuran atau berbagai kebutuhan dari tuna netra, tuna grahita ringan tuna rungu, dan tuna daksa, maka melalui penelitian ini dengan pendekatan teambuilding ini mencoba meningkatkan kemampuan gerak pada anak berkebutuhan khusus. Teambuilding merupakan suatu kerjasama sekelompok orang dalam menunaikan responsibilities nya membuat keputusan bagi kepentingan organisasi. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar nilai peningkatan terhadap teambuilding siswa anak berkebutuhan khusus kelas tinggi di SLB Negeri Sidomulyo Lampung Selatan. metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif, subyek dalam penelitian ini adalah 28 siswa kelas tinggi, yang terdiri dari 7 siswa tuna rungu, 17 tuna grahita ringan, dan 1 tuna daksa, dan 3 tuna netra. Penulis menggunakan metode pre experimental design (nondesign) jenis One group pretest – poostest design. Dikatakan pre experimental design, karena desain ini belum merupakan eksperimen sungguh - sungguh. Analisis tentang permainan olahraga estafet dan perkembangan teambuilding siswa SLB Negeri Sidomulyo dapat di lihat bahwa belum adanya permainan olahraga estafet yang di modifikasi merupakan salah satu faktor kurangnya motorik pada siswa, dan kurangnya kerjasama tim yang menghasilkan dari penerapan 4 game estafet yaitu dengan kategori baik. Kata kunci: kerjasama, estafet, permainan It should develop how difficult it is to teach movement, especially to children with special needs or disabilities, especially when these children consist of a mixed class or various needs from the blind, mildly mentally retarded, deaf, and physically handicapped, then through this research with this teambuilding approach. trying to improve movement skills in children with special needs. Teambuilding is a collaboration of a group of people in carrying out their responsibilities to make decisions for the benefit of the organization. The purpose of this study was to find out how much the increase in the value of teambuilding for high grade students with special needs at SLB Negeri Sidomulyo, South Lampung. The research method used in this research is quantitative, the subjects in this study were 28 high school students, consisting of 7 students who were deaf, 17 had mild mental retardation, and 1 quadruple, and 3 visually impaired. The author uses a pre experimental design method (nondesign) with the type of One group pretest – posttest design. It is said to be a pre experimental design, because this design is not yet a real experiment. Analysis of relay sports games and teambuilding developments for SLB Negeri Sidomulyo students can be seen that the absence of modified relay sports games is one of the factors for the lack of motor skills in students, and the lack of teamwork that results from the application of 4 relay games, namely in the good category. Keywords: cooperation, relay, game

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
Pengguna Deposit: 2203606905 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:59
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 01:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60036

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir