PENYELESAIAN ECONOMIC DISPATCH DENGAN MEMPERTIMBANGKAN VALVE POINT EFFECT (VPE) MENGGUNAKAN METODE EQUILIBRIUM OPTIMIZER (EO)

CHANTIKA ANZARINI, 1715031075 (2022) PENYELESAIAN ECONOMIC DISPATCH DENGAN MEMPERTIMBANGKAN VALVE POINT EFFECT (VPE) MENGGUNAKAN METODE EQUILIBRIUM OPTIMIZER (EO). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3037Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2119Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka kebutuhan energi listrik semakin bertambah. Hal ini mengakibatkan permintaan beban dan biaya bahan bakar pada pembangkit juga semakin meningkat. Untuk meminimalkan biaya bahan bakar total dengan tetap memenuhi kebutuhan beban dapat dilakukan menggunakan pendekatan Economic Dispatch. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah meminimalkan biaya bahan bakar total seluruh pembangkit dengan mempertimbangkan efek titik katup (Valve Point Effect/VPE) menggunakan metode Equilibrium Optimizer (EO). Simulasi dilakukan menggunakan perangkat lunak MATLAB R2013a dengan studi kasus 5 unit generator, 6 unit generator, dan 13 unit generator. Biaya bahan bakar total yang diperoleh dari hasil simulasi untuk 5 unit generator adalah sebesar 833,8251 $/h, 6 unit generator sebesar 924,9833 $/h dan untuk 13 unit generator sebesar 18.152,7387 $/h. Hasil simulasi yang diperoleh dengan menggunakan metode EO lebih minimal dibandingkan dengan hasil yang diperoleh menggunakan metode optimisasi lainnya seperti Genetic Algorithm (GA), GA-Active Power Optimization (GA-APO), GA-APO berdasarkan orde kedua Newton (NSOA), Particle Swarm Optimization (PSO), modified subgradient-harmony search (MSG-HP), dan Modified PSO- Gravitational Search Algorithm (GSA) berdasarkan fuzzy logic (FPSOGSA) untuk kasus 5 unit dan 6 unit generator. Untuk kasus 13 unit generator hasil yang diperoleh menggunakan metode EO kurang ekonomis dibandingkan dengan hasil menggunakan metode SDE dan FPSOGSA. Kata kunci: economic dispatch, valve point effect, equilibrium optimizer, biaya bahan bakar.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 620 Ilmu teknik dan ilmu yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2203855161 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 02:40
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 02:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60065

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir