PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGGERAK PAYUNGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU PRODUKTIF ANGGOTA (STUDI PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT PAYUNGI DESA YOSOMULYO – METRO)

FITRIA, 1616031037 (2022) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGGERAK PAYUNGI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT TERHADAP PERILAKU PRODUKTIF ANGGOTA (STUDI PADA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT PAYUNGI DESA YOSOMULYO – METRO). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (169Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2831Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2692Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran empirik seberapa besar pengaruh Komunikasi interpersonal dalam pemberdayaan masyarakat terhadap perilaku produktif. Kajian pustaka pada penelitian ini diantaranya teori kebutuhan maslow, konsep perilaku produktif, komunikasi interpersonal dan pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi (causes-effect) yaitu penelitian yang menyoroti pengaruh antar variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. variabel dalam penelitian ini Pengaruh komunikasi Interpersonal Penggerak PAYUNGI (variabel X) dan Perilaku Produktif Anggota (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah anggota PAYUNGI. teknik Random Sampling sebagai teknik mengambilan sampel sehingga dibutuhkan 51 responden. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan : (1) Koefisien regresi 0.106 mempunyai makna setiap peningkatan satu satuan pengaruh Komunikasi Interpersonal, maka akan berpengaruh terhadap peningkatan perilaku produktif sebesar 0.106 satuan. Koefisien regresi tersebut bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y positif. (2) Nilai Konstanta(a) sebesar 5.201 menunjukkan besarnya variabel perilaku produktif yang tidak dipengaruhi oleh komunikasi interpersonal atau pada saat perilaku produktif sebesar 0, maka komunikasi interpersonal sebesar 5.201. (3) Nilai pearson correlation (r) = 0,751 sehingga variabel X dan Variabel Y memiliki hubungan di level kuat. Diketahui rumus koefisien determinasi yakni kd = r²x100%, r = 0,751, sehingga nilai koefisien determinasi = 0,7512 x 100% = 56,40% Sehingga pengaruh komunikasi interpersonal penggerak terhadap perilaku produktif anggota sebesar 56,40%. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, keseluruhan variabel mempunyai pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara Pengaruh komunikasi interpersonal penggerak PAYUNGI dalam pemberdayaan masyarakat terhadap perilaku produktif anggota”. Kata kunci : Komunikasi interpersonal, pemberdayaan masyarakat dan perilaku produktif

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 2203595444 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:25
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 07:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60125

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir