FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TINDER UNTUK MENCARI TEMAN ATAU PASANGAN PADA KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Lampung)

RIZKI ARTI UTAMI , 1716011041 (2022) FENOMENA PENGGUNAAN APLIKASI TINDER UNTUK MENCARI TEMAN ATAU PASANGAN PADA KALANGAN MAHASISWA (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menjelaskan faktor-faktor yang menjadi penyebab mahasiswa Universitas Lampung menggunakan Aplikasi Tinder dalam mencari teman atau pasangan, Proses mencari teman atau pasangan dalam penggunaan Aplikasi Tinder, dan Model aksi sosial yang digunakan dalam penggunaan Aplikasi Tinder. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang melatarbelakangi mahasiswa Universitas Lampung menggunakan Aplikasi Tinder antara lain adalah faktor psikologis, faktor fitur kencan online, faktor keterlibatan sosial, faktor pertemanan, dan faktor keterbukaan diri. Proses mencari teman meliputi kontak, keterlibatan dengan mitra obrolan yang serasi, menjalin keakraban, tahap menentukan dan mengungkapkan perasaan satu sama lain. Pengguna melakukan tindakan atau aksi sosial ini dengan cara yang sangat rasional. Mereka bisa menentukan hal positif dan negatif dari penggunaan aplikasi Tinder ini dalam kehidupan sehari-hari. Dapat disimpulkan bahwa faktor utama dalam menggunakan aplikasi Tinder adalah untuk mencari teman, tindakan yang dilakukan sangat rasional. Kata Kunci: Aplikasi Tinder, Pasangan, Mahasiswa This study aims to identify and explain the factors that cause Lampung University students to use the Tinder application in finding friends or partners, the process of finding friends or partners in the use of the Tinder application, and the social action model used in the use of the Tinder application. The type of research used in this research is descriptive qualitative research, data analysis techniques using data reduction, data presentation and verification. The results of this study indicate that the factors behind Lampung University students using the Tinder application include psychological factors, online dating features, social involvement factors, friendship factors, and self-disclosure factors. The process of making friends includes contact, engagement with suitable chat partners, establishing intimacy, determining and expressing feelings for each other. Users perform these social actions or actions in a very rational way. They can determine the positives and negatives of using the Tinder application in their daily lives. It can be concluded that the main factor in using the Tinder application is to find friends, the actions taken are very rational. Keywords: Tinder Application, Couple, Student

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203292109 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2022 07:38
Terakhir diubah: 20 Apr 2022 07:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60146

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir