PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON ELEKTROLIT

TRI NURLIANINGSIH, 1613023047 (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS REPRESENTASI KIMIA PADA MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - Tri Nur.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - Tri Nur.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2817Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Tri Nur.pdf

Download (1524Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas modul berbasis representasi kimia pada materi sifat koligatif larutan non elektrolit dari hasil pengembangan yang dilakukan, mendeskripsikan tanggapan guru terhadap modul berbasis representasi kimia pada materi sifat koligatif larutan non elektrolit yang dikembangkan, dan mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap modul berbasis representasi kimia pada materi sifat koligatif larutan non elektrolit yang dikem- bangkan. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), desain penelitian oleh Borg and Gall. Langkah yang dilakukan yaitu hanya sampai langkah merevisi hassil uji coba. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh 3 orang validasi ahli mengenai aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan. Uji coba lapangan dilakukan di tiga sekolah. Uji coba lapangan dilakuakan dengan meminta tanggapan guru yang meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan, serta meminta tanggapan siswa terhadap aspek keterbacaan dan kemenarikan. Dari hasil tanggapan guru dan siswa terhadap modul yang dikembangkan yaitu modul berbasis representasi kimia pada materi sifat koligatif larutan non elektrolit, diperoleh persentase pada aspek kesesuaian isi, kontruksi, keterbacaan, dan kemenarikan sebesar 90,91%; 94,44%; 85,32%; dan 90,28% yang semuanya dikategorikan sangat tinggi. Hasil tanggapan siswa terhadap keterbacaan dan kemenarikan juga dikategorikan sangat tinggi yaitu dengan persentase 82,15% dan 82,36%. Kata kunci : Modul, Representasi Kimia, Sifat Koligatif Larutan Non Elektrolit.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 540 Kimia dan ilmu yang berhubungan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:52
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 01:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60154

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir