PEREMPUAN DAN PKK: SUATU KAJIAN ETNOGRAFI PEREMPUAN DI ORGANISASI PKK (Di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran)

IRMA YULIA, 1816011007 (2022) PEREMPUAN DAN PKK: SUATU KAJIAN ETNOGRAFI PEREMPUAN DI ORGANISASI PKK (Di Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3135Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2951Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini hendak mengkaji tentang perempuan, khususnya perempuan yang tergabung dalam organisasi PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode etnografi. Informan dalam penelitian ini yaitu selaku pengurus PKK dan kader PKK yang aktif dalam organisasi PKK Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang kader PKK memiliki makna diri positif terhadap dirinya maupun terhadap dunianya, sehingga para perempuan yang telah menjadi kader PKK, mempunyai kesadaran diri bahwa menjadi kader PKK yang telah dipercaya oleh masyarakat memiliki tanggung jawab yang lebih, dan harus menjaga sikap serta penampilannya. Teori utama yang dipakai pada penelitian ini, yaitu teori identitas sosial dan teori interaksionisme simbolik, membuktikkan bahwa sebuah identitas sosial akan atribut yang dimiliki oleh seorang individu dimana individu tersebut merupakan bagian dari suatu kelompok sosial, atribut tersebut kemudian digunakan untuk memperkenalkan adanya kelompok sosialnya dan membedakan kelompok sosialnya tersebut dengan kelompok sosial lain. Pembentukan identitas atas peran perempuan di dalam organisasi PKK pada dasarnya tidak terlepas dari proses komunikasi yang terjadi di PKK. Sehingga, adanya konstruksi identitas di dalam PKK lebih lanjut berkenaan dengan bagaimana proses produksi dan penerimaan pesan berlangsung di dalam Organisasi PKK, terkait sejauh mana para kader PKK mampu berkontribusi dalamnya. Kata Kunci: PKK, organisasi, teori identitas sosial, teori interaksionisme simbolik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: 2203519969 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 01:29
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60164

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir