EKSPLORASI NILAI TAMBAH SEKAM PADI DENGAN MENGGUNAKAN LIFE CYCLE ASSESSMENT (Studi Kasus Pada Pabrik Penggilingan Padi Indah Karya Nuansa)

RAHMA WATI JULITA SARI, 1716051091 (2022) EKSPLORASI NILAI TAMBAH SEKAM PADI DENGAN MENGGUNAKAN LIFE CYCLE ASSESSMENT (Studi Kasus Pada Pabrik Penggilingan Padi Indah Karya Nuansa). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2505Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1752Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti bagiamana life cycle assessment sekam padi sehingga memiliki nilai tambah. Semakin banyak padi yang digiling maka akan semakin banyak limbah yang dihasilkan, dengan menggunakan metode life cycle assessment pada Pabrik Penggilingan Padi Indah Karya Nuansa, metode ini membantu menganalisis tahapan penggilingan padi dari awal proses hingga berakhir menjadi limbah yang dapat didaur ulang menjadi sebuah produk yang bermanfaat dan menjadi produk yang ramah lingkungan. Pabrik Penggilingan Padi Indah Karya Nuansa memanfaatkan limbah sekam diolah menjadi produk pupuk. Sekam ini awalnya tidak memiliki nilai tambah ketika sudah diolah dimanfaatkan menjadi pupuk sekam ini memiliki nilai tambah, pupuk sekam dijual seharga Rp10.000 perkarungnya. Setiap bulan Pabrik Indah Karya Nuansa memproduksi sebanyak seribu karung, jadi keuntungan kotor yang diterima sebesar Rp10.000.000 setelah dikurangi dengan modal biaya produksi keuntungan bersih yang didapatkan per bulannya yaitu Rp4.312.800 sehingga dengan mendaur ulang sekam menjadi pupuk membuat limbah sekam ini memiliki nilai tambah dan berpengaruh positif pada lingkungan karena mengurangi limbah yang ada pada Pabrik Penggilingan Padi Indah Karya Nuansa. Kata kunci: Life cycle assessment, nilai tambah, pupuk sekam.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 380 Perdagangan, komunikasi, dan transportasi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: 2203224238 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:48
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 07:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60204

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir