PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY DI SMK MA’ARIF 1 METRO

Andri Saputra, 2023011004 (2022) PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PERAKITAN KOMPUTER SISWA KELAS X MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY DI SMK MA’ARIF 1 METRO. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3271Kb)
[img]
Preview
File PDF
Tesis Full tanpa Pembahasan.pdf

Download (1882Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini merupakan penelitian yang dilakukan dengan metode pengembangan yang bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, proses pengembangan, karakteristik produk, respon pengguna serta efektifitas untuk peserta didik SMK Ma’arif 1 Metro terhadap materi perakitan komputer. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas X Teknik Komputer dan Jaringan tahun pelajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner, wawancara dan observasi. Hasil analisis potensi dan kondisi di sekolah perlu pengembangan media. Hasil validasi oleh ahli media mendapatkan persentase rata-rata 73,5% (layak digunakan), uji validasi ahli materi mendapatkan persentase rata-rata 92% (sangat layak digunakan), kemudian untuk validasi ahli desain menunjukkan bahwa produk dalam kategori menarik atau baik dan layak digunakan. Uji coba produk terhadap pendidik mendapatkan rata-rata 84,6% (sangat menarik), dan hasil uji coba terhadap peserta didik mendapatkan nilai rata-rata 81 (sangat menarik). Hasil uji peningkatan keterampilan menunjukkan rata-rata sebanyak 81,31 (baik) setelah menggunakan media yang menyatakan pembelajaran berbasis virtual reality ini meningkatkan keterampilan bagi peserta didik.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: virtual reality, perakitan komputer, keterampilan, android, unity
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 2203846539 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:27
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 02:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60206

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir