PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TAHAP SARJANA TERHADAP UMPAN BALIK

Siti Amalya Ilmyasri, 1718011121 (2021) PERBEDAAN PENGETAHUAN DAN PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TAHAP SARJANA TERHADAP UMPAN BALIK. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK - AMALYA.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL - AMALYA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3485Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN - AMALIA.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Background: Feedback is the information given from lecturers to help students minimize their faults. Feedback is used to improve its academic capability by providing helpful information. This study aims to determine the differences of knowledge and perceptions of undergraduate medical students towards feedback. Methods: This study is a quantitative study with comparative numeric analysis with a total sample 276 of undergraduate medical students taken using a proportionate stratified random sampling technique. The data was collected through a knowledge and perception questionnaire on feedback distributed online via google form. Data were analyzed using the One Way Annova test. Result: The highest average knowledge score is obtained by first-year students and fourth-year students obtain the lowest score. The average perception score based on the importance of feedback found that fourth-year students had a neutral perception, while first, second, and third-year students had positive perceptions. The domains of factors that influence feedback, tutors’ skills in giving feedback, and students’ readiness in receiving feedback had positive perceptions for each batch. Conclusion: There are differences in knowledge and perceptions of undergraduate medical students towards feedback for the domain of the importance of feedback and tutors’ skills in giving feedback. Moreover, there is no difference in perception for the domain of factors that influence feedback and students’ readiness in receiving feedback. Keywords: Feedback, knowledge, perceptions Latar Belakang: Umpan balik merupakan segala informasi dari dosen untuk membantu mahasiswa meminimalisir kekurangannya. Umpan balik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dalam pendidikan dengan cara memberikan informasi yang berguna untuk perbaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan persepsi mahasiswa program studi pendidikan dokter tahap sarjana terhadap umpan balik. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis komparatif numerik dengan jumlah sampel sebanyak 276 orang mahasiswa PSPD yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data diambil melalui kuesioner pengetahuan dan persepsi terhadap umpan balik yang disebarkan secara online melalui google form. Data dianalisis dengan menggunakan uji One Way Annova. Hasil: Skor rata-rata pengetahuan tertinggi dimiliki oleh mahasiswa tahun keempat dan skor terendah dimiliki oleh mahasiswa tahun pertama. Skor rata-rata persepsi berdasarkan domain pentingnya umpan balik didapatkan mahasiswa tahun keempat memiliki persepsi netral sedangkan, mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga memiliki persepsi positif. Domain faktor yang mempengaruhi umpan balik, keterampilan dosen memberi umpan balik, dan kesiapan mahasiswa menerima umpan balik memiliki persepsi positif untuk setiap angkatan. Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan dan persepsi mahasiswa PSPD tahap sarjana terhadap umpan balik untuk domain pentingnya umpan balik dan keterampilan dosen dalam memberi umpan balik. Serta tidak terdapat perbedaan persepsi untuk domain faktor yang mempengaruhi umpan balik dan kesiapan mahasiswa dalam menerima umpan balik. Kata kunci: Pengetahuan, persepsi, umpan balik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:06
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 03:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60235

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir