PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Septa Riski Vertika, 1713022007 (2021) PENGARUH MULTI-STAGE DISCUSSION DENGAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN HUKUM NEWTON TENTANG GRAVITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK (ABSTRACT) - SEPTA.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - SEPTA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2944Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - SEPTA.pdf

Download (2355Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multi-stage discussion dengan Google Classroom dan WhatsApp pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini dilakukan di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel kelas X MIPA 1 dan X MIPA 3 yang berjumlah 57 peserta didik. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Group Pretest-Posttes Design. Pembelajaran dilakukan dengan penerpaan multi-stage discussion dengan Google Classroom sebagai diskusi kelompok besar dan WhatsApp sebagai diskusi kelompok kecil. Teknik analisis data kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Paired Sample T-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan nilai Sig (2- tailed) sebesar 0,000. Rata-rata pre-test sebesar 45,5 dan post-test 73,98 dengan hasil rata-rata N-gain 52,55% termasuk dalam kategori sedang. Jika ditinjau secara keseluruhan pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah mengalami peningkatan pada Usefull Description sebesar 88%, Physics Approach 83%, Specific Application of Physics 74%, Mathematical Procedures 64%, dan Logical Progression 60%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan multi- stage discussion dengan Google Classroom dan WhatsApp pada materi Hukum Newton tentang Gravitasi berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kata Kunci : Hukum Newton tentang Gravitasi, Multi-stage Discussion, Kemampuan Pemecahan Masalah. This study aims to determine the effect of implementing multi-stage discussion with Google Classroom and WhatsApp on Newton's Law of Gravity material on problem solving abilities. This research was conducted at SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung for the academic year 2020/2021 with a sample of class X MIPA 1 and X MIPA 3, totaling 57 students. The research design used is One- Group Pretest-Posttes Design. Learning is carried out by applying multi-stage discussions with Google Classroom as a large group discussion and WhatsApp as a small group discussion. The data analysis technique of problem solving ability uses the Paired Sample T-test. Based on the research that has been done, there are significant differences in the results of students' problem solving abilities before and after being given treatment with a Sig (2-tailed) value of 0.000. The average pre-test was 45.5 and the post-test was 73.98 with an average N-gain of 52.55% included in the medium category. If viewed as a whole, the achievement of problem solving ability indicators has increased in Useful Description by 88%, Physics Approach 83%, Specific Application of Physics 74%, Mathematical Procedures 64%, and Logical Progression 60%. This shows that the application of multi-stage discussion with Google Classroom and WhatsApp on Newton's Law of Gravity material has an effect on students' problem solving abilities. Key words : Newton's Law of Gravity, Multi-stage Discussion, Problem Solving Ability.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:49
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 03:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60270

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir