NIKEN WIDYASTUTI, 1923011010 (2021) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI IKATAN KIMIA DI KELAS X APL SMK SMTI BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Universitas Lampung.
|
File PDF
Abstrak Niken MTP 19 - Niken Widyastuti.pdf Download (105Kb) | Preview |
|
File PDF
A. Tesis Full Niken MTP 19 - Niken Widyastuti.pdf Restricted to Hanya staf Download (2739Kb) |
||
|
File PDF
B. Tesis Full Tanpa Pembahasan Niken MTP19 - Niken Widyastuti.pdf Download (2158Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Nilai rata-rata hasil pembelajaran materi ikatan kimia dua tahun pelajaran yaitu TP 2018/2019 dan TP 2019/2020 menunjukan hasil capaian paling rendah diantara materi lainnya di semester gasal. Guru kesulitan untuk memberikan konsep materi ikatan kimia. Hasil analisis tingkat kesulitan materi oleh guru kimia di kelas X, XI dan XII menunjukan materi ikatan kimia merupakan materi dengan tingkat kesulitan paling tinggi diantara materi kimia lainnya di kelas X. Kesulitan guru ditambah dengan kebijakan pembelajaran daring akibat adanya Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi dan kondisi, mengembangkan, mengananalisis karakteristik, mengukur keefektifan dan mengukur kemenarikan pembelajaran daring berbasis advance organizer. Penelitian ini merupakan kegiatan penelitian dan pemgembangan mengacu pada model Dick and Carey. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, penilaian angket, dan tes. Hasil penelitian berdasarkan kondisi pembelajaran yang berlangsung sangat berpotensi untuk dikembangkan sebuah pembelajaran daring berbasis advance organizer untuk materi ikatan kimia. Pembelajaran daring ini terdiri dari delapan bagian pembelajaran yang terdapat didalam google classroom. Hasil uji keefektifan pembelajaran daring adalah 0,52 yang berarti pembelajaran daring ini efektif untuk digunakan. Hasil uji kemenarikan menunjukan nilai 3,42 yang menyatakan bahwa pembelajaran daring ini menarik bagi peserta didik. Kata kunci : pembelajaran daring, advance organizer, ikatan kimia The average value of the learning outcomes of chemical bonding material in the two academic years, namely 2018/2019 TP and 2019/2020 TP shows the lowest achievement results among other materials in odd semesters. The teacher finds it difficult to give the concept of chemical bonding material. The results of the analysis of the level of difficulty of the material by chemistry teachers in grades X, XI and XII showed that chemical bonding material was the material with the highest difficulty level among other chemical materials in class X. Teacher difficulties were added to online learning policies due to Covid-19. This study aims to analyze the potential and conditions, develop, analyze characteristics, measure effectiveness and measure the attractiveness of online learning based on advance organizers. This research is a research and development activity referring to the Dick and Carey model. Data collection techniques were carried out through interviews, observations, questionnaire assessments, and tests. The results of the research based on the learning conditions that take place have the potential to develop an online learning based on an advance organizer for chemical bonding material. This online learning consists of eight learning sections contained in the Google Classroom. The results of the online learning effectiveness test are 0.52, which means that online learning is effective to use. The results of the attractiveness test show 3.42. This value is mean that online learning is interesting for students. Kata kunci : online learning,, advance organizer, chemical bonding
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | UPT Anita Ekarini |
Date Deposited: | 21 Apr 2022 04:11 |
Terakhir diubah: | 21 Apr 2022 04:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60274 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |