PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU HEDONISME MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

EKA RISTU NUR AMALIA, 1753032002 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU HEDONISME MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS ILMU KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Eka Ristu.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
FULL SKRIPSI TANPA BAB 4 - Eka Ristu.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1682Kb)
[img]
Preview
File PDF
FULL SKRIPSI TANPA LAMPIRAN - Eka Ristu.pdf

Download (1859Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Globalisasi mengakibatkan adanya perubahan disetiap aspek kehidupan manusia salah satunya yaitu pada bidang teknoklogi informasi dan komunikasi. Seiring berkembangnya jaman bidang teknoklogi informasi dan komunikasi memunculkan gagasan baru yaitu jejaring sosial atau media sosial. Media sosial ini digunakan oleh semua kalangan termasuk mahasiswa. Adanya penggunaan media sosial ini mempunyai dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial ini yaitu adanya perilaku hedonisme. Hedonism merupakan pola perilaku seseorang yang hanya berorientasi pada kesenangan dan kenikmatan jasmani dan rohani yang tidak seimbang. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku hedonisme. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa FKIP Universitas Lampung angkatan 2019 yang berjumlah 178 responden dan objek pada penelitian ini adalah di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik utama yaitu angket dan menggunakan teknik penunjang yaitu wawancara secara online. Analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis regresi sederhana dengan bantuan SPSS versi 20. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku hedonisme mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung cukup berpengaruh dengan persentase yang sangat kecil yaitu sebesar 30,2%. Sementara, 69,8% ditemukan pengaruh lain diantaranya adalah akitivitas, motivasi, lingkungan, pengamatan, serta kelas sosial. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Perilaku Hedonisme Globalization has resulted in changes in every aspect of human life, one of which is in the field of information and communication technology. Along with the development of the era of the field of information and communication technology, new ideas have emerged, namely social networks or social media. This social media is used by all groups including students. The use of social media has both positive and negative impacts. One of the negative impacts caused by the use of social media is hedonism. Hedonism is a pattern of a person's behavior that is only oriented to unbalanced physical and spiritual pleasure and enjoyment. The problem that will be discussed in this study is how the influence of the use of social media on hedonism behavior. The subjects in this study were students of the Faculty of Teacher Training and Education, class of 2019 totaling 178 respondents and the object of this study was the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. The data collection technique in this study used the main technique, namely questionnaires and used supporting techniques, namely online interviews. Analysis of the data in this study using simple regression analysis with the help of SPSS version 20. Based on the research that has been carried out, it is found that the effect of using social media on the hedonistic behavior of students of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung is quite influential but with a very small percentage of 30 ,2%. As for this study, 69.8% found that the influence of this hedonism is influenced by the environment, attitudes, observations, experiences, personality, self-concept, motives, groups, references, family, social class and culture. Keywords: Social Media Use, Hedonism Behavior

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:21
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir