PENGARUH APLIKASI COMPOST TEA YANG MENGANDUNG Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA, PERTUMBUHAN, DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.)

UMI SHOLIKHATIN , 1214121222 (2019) PENGARUH APLIKASI COMPOST TEA YANG MENGANDUNG Beauveria bassiana (Bals.) Vuill. TERHADAP KEANEKARAGAMAN ARTHROPODA, PERTUMBUHAN, DAN PRODUKSI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.). FAKULTAS PERTANIAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1637Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1474Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh Beauveria bassiana yang terkandung dalam compost tea terhadap keanekaragaman arthropoda pada tanaman padi dan pengaruh compost tea yang mengandung Beauveria bassiana untuk meningkatkan pertumbuhan dan produksi tanaman padi. Penelitian ini dilakukan di Dusun Sumber Sari Desa Hajimena Kecamatan Natar, Lampung Selatan, dan analisis laboratorium dilakukan di Rumah Kaca dan Laboratorium Proteksi Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Lampung dari bulan Mei-September 2016. Perlakuan disusun dalam Rancangan Acak Kelompok (RAK) terdiri dari 5 perlakuan, setiap kombinasi perlakuan diulang 4 kali. Penelitian ini dilakukan pada lahan sawah yang terdiri dari 3 plot. Data dianalisis dengan sidik ragam dan perbedaan nilai tengah perlakuan diuji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan compost tea dan Beauveria bassiana pada tanaman padi berpengaruh nyata meningkatkan tinggi tanaman, kehijauan daun dan bobot berangkasan, sedangkan jumlah arthropoda tidak berbeda nyata. Jenis arthropoda yang paling banyak ditemukan adalah ordo Diptera, family Phoridae dan Drosophilidae. Pada tanaman timun tampak bahwa perlakuan berpengaruh nyata meningkatkan semua variabel pengamatan kecuali pada variabel pengamatan panjang akar. Kata kunci: arthropoda, Beauveria bassiana, compost tea, mentimun, padi.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi
600 Teknologi > 630 Pertanian
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agroteknologi
Depositing User: 2018083435 . Digilib
Date Deposited: 20 Dec 2019 04:00
Last Modified: 20 Dec 2019 04:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60279

Actions (login required)

View Item View Item