ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN KAWASAN HUTAN KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN LINDUNG BATUTEGI MENGGUNAKAN DATA PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

Ahmad Rizaldi, 1754151004 (2022) ANALISIS PERUBAHAN TUTUPAN LAHAN KAWASAN HUTAN KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN LINDUNG BATUTEGI MENGGUNAKAN DATA PENGINDERAAN JAUH DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (187Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2600Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pertumbuhan penduduk akan berdampak pada perkembangan suatu daerah sehingga dapat meningkatkan aktivitas penduduk dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumberdaya alam melalui penggunaan lahan akan mengakibatkan perubahan tutupan lahan di daerah kawasan hutan yang cenderung dinamis. Strategi pengelolaan hutan secara agroforestri dalam skema Perhutanan Sosial (PS) perlu dipantau menggunakan teknologi penginderaan jauh. Teknologi analisis citra penginderaan jauh dan teknologi informasi saat ini telah berkembang ke dalam penggunaan cloud computing dan Big Data seperti platform Google Earth Engine (GEE) yang membuat perolehan data turunan citra satelit seperti tutupan lahan menjadi sangat cepat. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis citra satelit multiwaktu menggunakan platform GEE dengan algoritma Random Forest (RF) dan Classification and Regression Trees (CART) dalam konteks pemantauan program perhutanan sosial. Pemantauan yang dilakukan harapannya dapat menunjukkan tanda-tanda kekritisan lahan sehingga mencegahnya menjadi lebih buruk. Klasifikasi tutupan lahan di Kesatuan Pengelola Hutan Lindung Batutegi dapat ditafsirkan dari citra satelit Landsat 8, yaitu hutan, semak belukar, tegakan kopi, kebun campuran, lahan campuran, lahan terbuka/terbangun dan air. Tutupan lahan di KPH Batutegi memilki peran penting karena terdapat Daerah Aliran Sungai (DAS) Sekampung dan Bendungan Batutegi sebagai daerah tangkapan air yang perlu dijaga.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Kehutanan
Pengguna Deposit: 2203231614 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:19
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 04:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60280

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir