APLIKASI PENGOLAHAN CITRA UNTUK ALAT BANTU PENENTU KELUAR ATAU MASUKNYA SHUTTLECOCK PADA OLAHRAGA BADMINTON (SINGLE)

Tuah Wisnu Parhitean, 1515031019 (2022) APLIKASI PENGOLAHAN CITRA UNTUK ALAT BANTU PENENTU KELUAR ATAU MASUKNYA SHUTTLECOCK PADA OLAHRAGA BADMINTON (SINGLE). FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img] File PDF
Laporan Full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2414Kb)
[img]
Preview
File PDF
Laporan Full Tanpa Bab 4.pdf

Download (1774Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Hakim garis dalam suatu pertandingan badminton sering mengalami kesalahan dalam menentukan shuttlecock masuk atau keluar. Hal ini dapat merugikan pemain badminton. Salah satu cara untuk mengurangi kesalahan wasit dengan cara mengganti hakim garis dengan automatic linesman sehingga dapat mengurangi kesalahan hakim garis dalam menentukan shuttlecock masuk atau keluar.pada penelitian ini menggunakan satu buah mikrokontroler Raspberry pi 3, kamera logitech C270, dan LED dimana raspberry untuk mengolah data sedangkan kamera untuk menginput citra yang didapatkan dan LED untuk indikator shuttlecock tersebut masuk atau keluar. Pengolahan data citra dengan menggunakan metode Background Substraction.Hasil pengujian didapatkan dari 20 kali percobaan lemparan keluar dan masuk masing masing percobaan menghasilkan persentase akurasi 65%, presisi 60% dan recall 70%. Pada penelitian ini sudah dapat menentukan shuttlecock keluar atau masuk. Kata kunci : Shuttlecock, Citra, Badminton, Automatic Linesman. Background Substraction.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Elektro
Pengguna Deposit: 2203664936 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 04:35
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 04:35
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60286

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir