PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI HARGA, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OJESA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Ojesa di Bandar Lampung)

MUNAWAROH, 1716051089 (2021) PENGARUH WORD OF MOUTH, PERSEPSI HARGA, DAN NILAI PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN OJESA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Konsumen Ojesa di Bandar Lampung). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABTRAK-ABSTRACT - MUNA.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - MUNA.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - MUNA.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini tentang pemasaran dengan responden 100 konsumen Ojesa di Bandar Lampung, Ojesa merupakan perusahaan ojek online yang mempunyai segmentasi pemasaran khusus wanita. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis pengaruh word of mouth, persepsi harga, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas konsumen Ojesa dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Jenis penelitian explanatory research dengan analisis Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS), menggunakan program SmartPLS versi 3.3.3. Teknik pengambilan sampel yaitu kuesioner online (google form) dan offline (angket). Hasil penelitian menunjukan bahwa word of mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan dengan nilai tstatistik 0,804, persepsi harga berpengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan dengan nilai tstatistik 0,708, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan nilai tstatistik 8,525, kepuasan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 3,405, word of mouth berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 2,905, persepsi harga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 1.928, nilai pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik. Sementara itu uji mediasi menunjukan bahwa kepuasan tidak memediasi pengaruh word of mouth terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 0,806, kepuasan juga tidak memediasi pengaruh persepsi harga terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 0,656, tetapi kepuasan memediasi pengaruh nilai pelanggan terhadap loyalitas dengan nilai tstatistik 3.114. Berdasarkan hasil uji maka diperoleh data bahwa pemasaran yang dilakukan oleh Ojesa sudah baik. Implikasi hasil penelitian ini untuk meningkatkan dan mempertahankan kepuasan dan loyalitas konsumen Ojesa di Bandar Lampung. Kata Kunci : Word of Mouth, Persepsi Harga, Nilai Pelanggan, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Konsumen This study examines the marketing of 100 respondents of Ojesa customers in Bandar Lampung. Ojesa is an online two-wheeled ride-hailing service focusing on the female marketing segment. The purpose of this study was to evaluate and assess the influence of word of mouth, pricing perception, and customer value on Ojesa customers’loyalty, with satisfaction as an intervening variable. This research is explanatory research utilizing Structural Equation Modeling-Partial Least Squares (SEM-PLS) analysis with the SmartPLS 3.3.3 software. The samples were obtained through a combination of an online question naire (googleform) and an offline questionnaire. The results show that word of mouth does not significantly influence satisfaction with a tstatistic value of 0.804, price perception does not significantly influence satisfaction with a tstatistic value of 0.708, customer value significantly influences satisfaction with a tstatistic value of 8.525, satisfaction significantly influences loyalty with a tstatistic value of 3.405, and satisfaction significantly influences loyalty with a tstatistic value. Meanwhile, the mediation test shows that satisfaction does not mediate the influence of word of mouth on loyalty (tstatistic = 0.806), nor does satisfaction mediate the influence of price perception on loyalty (tstatistic = 0.656). However, satisfaction does mediate the influence of customer value on loyalty (tstatistic = 3.114). The test results indicate that Ojesa’s marketing is effective. This study is significant for improving and sustaining Ojesa customer satisfaction and loyalty in Bandar Lampung. Keywords: word of mouth, price perception, customer value, consumer satisfaction, and consumer loyalty

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
300 Ilmu sosial > 350 Administrasi publik dan ilmu militer
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Administrasi Bisnis
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 21 Apr 2022 05:01
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 05:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60297

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir