TINGKAT KEBERHASILAN INDUKSI PERSALINAN MENGGUNAKAN MISOPROSTOL PADA KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI (KPD) BERDASARKAN LAMA KPD DAN BISHOP SCORE DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020

Stefani Mellisa, 1858011054 (2022) TINGKAT KEBERHASILAN INDUKSI PERSALINAN MENGGUNAKAN MISOPROSTOL PADA KEJADIAN KETUBAN PECAH DINI (KPD) BERDASARKAN LAMA KPD DAN BISHOP SCORE DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG TAHUN 2020. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (3405Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3259Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3405Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai angka keberhasilan induksi persalinan menggunakan misoprostol pada kejadian KPD berdasarkan lama KPD dan bishop score di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan studi analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui rekam medis. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji eksak Fisher. Hasil Penelitian: Total sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah berjumlah 33 ibu dengan KPD. Pada kategori early KPD, sampel yang mencapai keberhasilan induksi persalinan menggunakan misoprostol adalah berjumlah 20 sampel (87%) dan pada kategori prolonged KPD adalah berjumlah 7 sampel (70%) (p > 0,05). Berdasarkan bishop score, pada kategori favourable didapatkan seluruh sampel yaitu 26 sampel (100%) dan kategori unfavourable didapatkan 1 sampel (14,3%) yang mencapai keberhasilan induksi (p < 0,05). Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara lama ketuban pecah dini terhadap keberhasilan induksi persalinan dengan menggunakan misoprostol dan terdapat hubungan antara bishop score terhadap keberhasilan induksi persalinan dengan menggunakan misoprostol di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung. Kata Kunci: Ketuban Pecah Dini, Bishop Score, Induksi Persalinan, Misoprostol.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203375595 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2022 07:50
Terakhir diubah: 21 Apr 2022 07:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60331

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir