Yuan Ferdinand A. Kailuhu, 1817051014 (2022) Pengembangan Aplikasi Language Center Unila Berbasis Mobile Menggunakan Framework Flutter. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
Skripsi - Yuan Ferdinand - 1817051014 Abstrak.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
File PDF
Skripsi - Yuan Ferdinand - 1817051014 - No Lampiran.pdf Restricted to Hanya staf Download (3574Kb) |
||
|
File PDF
Skripsi - Yuan Ferdinand - 1817051014 - Tanpa Pembahasan.pdf Download (1740Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Language Center Unila (LC Unila) sering mengalami kerugian pada penyelenggaraan tes kemampuan Bahasa Inggris. Hal ini disebabkan oleh kuota ujian yang hangus dikarenakan oleh pendaftar yang tidak melakukan pembayaran. Kejadian tersebut juga merugikan mahasiswa dan masyarakat umum yang ingin mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikat. Permasalahan lainnya adalah proses daftar ulang peserta yang masih menggunakan aplikasi Whatsapp. Tentu saja hal tersebut dapat membuat admin LC Unila kewalahan untuk menangani peserta yang begitu banyak. Proses absensi peserta yang masih manual juga membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Dengan begitu, ujian dapat terhambat dan memakan waktu yang lebih banyak dari seharusnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang dapat mencegah kuota ujian terbuang, verifikasi pembayaran yang otomatis, dan fitur pemindaian QR-Code untuk melakukan absensi. Penelitian dilaksanakan di lingkungan pendidikan Universitas Lampung pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 pada bulan September 2021 hingga Januari 2022. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dan masyarakat umum untuk menemukan informasi ujian lebih mudah dan cepat, pembayaran yang terintegrasi pada aplikasi, dan notifikasi pengingat untuk melakukan pembayaran dan pelaksanaan ujian. Manfaat lainnya adalah membantu pihak Language Center Unila untuk menangani peserta ujian yang banyak ketika melakukan pembayaran dan absensi peserta. Pada pengembangannya, metode penelitian yang digunakan adalah framework Scrum. Pengujian dilakukan menggunakan Black-box Testing dengan teknik Equivalence Partitioning. Hasilnya, aplikasi dapat memberikan manfaat dan menyelesaikan permasalahan yang ada.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 003 Sistem-sistem |
Program Studi: | FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer |
Pengguna Deposit: | 2203742566 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:08 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2022 01:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60354 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |