Amarulloh, 2023011014 (2022) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MANDIRI UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU PROFESIONAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI GURU FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
TESIS FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (8Mb) |
||
|
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (7Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian berbasis metode R&D ini bertujuan untuk mengembangkan pendampingan bahan ajar mandiri guna peningkatan 4 (empat) kompetensi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan. Metodologi yang digunakan adalah Steps of Systems Approach of Educational Research and Development dari Borg and Gall (2007) yang memberikan legitimasi penuh pada model Dick & Carey (1990) sebagai model penelitian pengembangan. Penelitian R&D ini dilakukan dengan cara mengintegrasikan langkah pertama dalam Borg dan Gall (1989) dengan semua langkah dalam Model Dick dan Carey. Hasil dari penelitian ini adalah produk dengan tiga bentuk. Yang pertama adalah bentuk fisik, atau buku pendampingan, dirancang agar mahasiswa Program PPG dapat mengikuti proses pembelajaran secara mandiri. Selain topik diskusi, ada juga berbagai sesi yang berkaitan dengan tugas, latihan diskusi, uji kinerja, uji pengetahuan, evaluasi. Buku ini juga terkoneksi dengan internet dengan menampilkan sejumlah link ke situs di dunia maya. Yang kedua berupa modul LMS yang diperuntukan bagi mahasiswa PPG mereka yang ingin belajar secara full online. Modul elektronik ini dikembangkan untuk digunakan dalam lingkungan Learning Management System dengan platform aplikasi open source Moodle. Yang ketiga adalah bentuk Video Tutorial yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun dibuat secara terbuka dan terpadu. Hasil evaluasi yang melibatkan berbagai pakar, calon mahasiswa, dan uji lapangan memberikan evaluasi yang SANGAT BAIK terhadap produk yang dihasilkan. Terjadi perubahan kompetensi sebesar 70% pada mahasiswa PPG yang mengikuti proses pendampingan pembelajaran mandiri yang dirancang, dan peningkatan kelulusan mahasiswa Program PPG di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Key Word : PENDIDIKAN PROFESI GURU, BELAJAR MANDIRI, LEARNING MANAGEMENT SYSTEM Abstract This research based on the R&D method aims to develop mentoring for independent teaching materials in order to increase 4 (four) competencies- Pedagogic, Personal,Social, Professional in the Teacher Professional Education (PPG) program in positions. The methodology used is the Steps of Systems Approach of Educational Research and Development from Borg and Gall (2007) which gives full legitimacy to the Dick & Carey (1990) model as a development research model. This R&D research was carried out by integrating the first step in Borg and Gall (1989) with all the steps in the Dick and Carey Model. The result of this research is a product with three forms. The first is a physical form, or mentoring book, designed so that PPG Program students can follow the learning process independently. In addition to discussion topics, there are also various sessions related to assignments, discussion exercises, performance tests, knowledge tests, evaluations. This book is also connected to the internet by displaying a number of links to sites in cyberspace. The second is in the form of an LMS module which is intended for their PPG students who want to study fully online. This electronic module was developed for use in a Learning Management System environment with the Moodle open source application platform. The third is the form of Video Tutorials that can be accessed anytime and anywhere, made in an open and integrated manner. The results of the evaluation involving various experts, prospective students, and field tests provide a VERY GOOD evaluation of the products produced. There was a change in competence by 70% of PPG students who took part in the designed independent learning mentoring process, and an increase in the graduation of PPG Program students at the Educational Personnel Institute of the Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung. Keywords: TEACHER PROFESSIONAL EDUCATION, INDEPENDENT LEARNING, LEARNING MANAGEMENT SYSTEM
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Pengguna Deposit: | 2203161679 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:14 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2022 01:14 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60358 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |