YUDI ARDIAN, 1813041021 (2022) EKRANISASI NOVEL MY STUPID BOSS KARYA CHAOS@WORK KE DALAM FILM MY STUPID BOSS KARYA UPI AVIANTO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN SASTRA DI SMP. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (12Mb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (10Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses ekranisasi alur, penokohan, dan latar,baik berupa aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi dalam ekranisasi novel My Stupid Boss karya Chaos@work ke dalam film My Stupid Boss karya Upi Avianto dan merancang pembelajaran berdasarkan hasil analisis. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel My Stupid Boss karya Chaos@work dan film My Stupid Boss karya Upi Avianto. Data dalam penelitian ini ialah data kualitatif yang diambil dari proses ekranisasi alur, penokohan dan latar, baik berupa aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi dalam ekranisasi novel My Stupid Boss karya Chaos@work ke dalam film My Stupid Boss karya Upi Avianto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat proses ekransasi alur dalam novel My Stupid Boss ke film My Stupid Boss berjumlah 71 data. Proses ekranisasi penokohan dalam novel My Stupid Boss ke film My Stupid Boss berjumlah 27 data. Proses ekranisasi latar dalam novel My Stupid Boss ke film My Stupid Boss berjumlah 22 data. Hasil penelitian dapat diimplikasikan ke dalam pembelajaran sastra di SMP kelas VIII semester genap pada 3.12 Menelaah struktur dan kebahasaan teks ulasan (film, cerpen, puisi, novel, dan karya seni daerah) yang diperdengarkan dan dibaca, dan Kompetensi Dasar 4.12 Menyajikan tanggapan tentang kualitas karya (film, cerpen, puisi, novel, karya seni daerah, dan lain-lain) dalam bentuk teks ulasan secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, unsur kebahasaan atau aspek lisan. Pengimplikasian ini dapat diwujudkan dalam bentuk RPP dan LKPD. Kata kunci: ekranisasi, novel, film, implikasi pembelajaran
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 400 Bahasa > 409 Pengelolaan bahasa berhubungan dengan aspek geografis dan biografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 2203266084 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 01:18 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2022 01:18 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60362 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |