PERAN UCLG-ASPAC DALAM MENDUKUNG TUJUAN KE-17 (KHUSUSNYA TARGET KE-16) SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA

OLVY ZUHRIANA, 1516071118 (2022) PERAN UCLG-ASPAC DALAM MENDUKUNG TUJUAN KE-17 (KHUSUSNYA TARGET KE-16) SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) DI INDONESIA. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3741Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2894Kb) | Preview

Abstrak

Aktor non-negara merupakan aktor selain negara yang memiliki peran dalam hubungan internasional, salah satunya yaitu UCLG-ASPAC yang memiliki visi memajukan kerjasama antar pemerintah lokal di kawasan Asia-Pasifik termasuk Indonesia. Berbeda dengan program sebelumnya MDGs yang sebagian besar hanya berfokus pada kerjasama antarnegara dan bidang ekonomi, program SDGs melibatkan aktif aktor internasional, memberikan UCLG-ASPAC kesempatan sebagai aktor non-negara untuk menunjukkan eksistensinya dalam mendukung program tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan Tujuan 17 Target ke-16 agenda pembangunan global SDGs dan menganalisis bagaimana peran UCLG-ASPAC dalam mendukung SDG 17.16 di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis dan sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh melalui sumber-sumber berupa situs internet, laporan tertulis, dan jurnal. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan studi studi literatur yang didukung dengan studi dokumentasi, dengan teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan jurnal Bhamra, dkk. terdapat tiga peran fungsi UCLG-ASPAC sebagai aktor non-negara dalam mendukung program SDG 17.16 di Indonesia yaitu untuk meningkatkan transparansi dalam sistem; penghubung antar pemerintah dan masyarakat; serta mengkomunikasikan informasi ke publik dan memberikan tanggapan kembali ke pemerintah. Kata kunci: Aktor Non-Negara, UCLG-ASPAC, Kemitraan Multipihak, Sustainable Development Goals.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi S1-Hubungan Internasional
Pengguna Deposit: 2203239432 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:46
Terakhir diubah: 22 Apr 2022 06:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60375

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir