PENGARUH KINERJA LOGISTIK, INVESTASI, JUMLAH PEKERJA, INTERNET DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI 8 NEGARA ASEAN

Anugrah Martua Raja, 2021021012 (2022) PENGARUH KINERJA LOGISTIK, INVESTASI, JUMLAH PEKERJA, INTERNET DAN PERDAGANGAN INTERNASIONAL TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI 8 NEGARA ASEAN. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF (Abstrak (Abstract))
ABSTRAK TESIS (Anugrah Martua Raja MIE FEB 2021021012).pdf

Download (34Kb) | Preview
[img] File PDF
Tesis Lengkap.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2165Kb)
[img]
Preview
File PDF
Tesis Tanpa Pembahasan.pdf

Download (1725Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini menganalisa pengaruh dari kinerja logistik, investasi, internet dan perdagangan internasional dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi ASEAN dengan pendekatan teori pertumbuhan ekonomi endogen. Penelitian ini menggunakan peningkatan Produk Domestik Bruto sebagai proksi dari pertumbuhan ekonomi dan berperan sebagai variabel terikat lalu menggunakan indeks kinerja logistik, investasi asing langsung, jumlah pekerja, pengguna internet, dan ekspor neto sebagai variabel bebas. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari 8 negara ASEAN untuk periode waktu 2010-2018. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program E-Views 10 dengan regresi data panel pendekatan efek tetap. Hasil penelitian menunjukkan secara bersamaan kinerja logistik, investasi asing langsung, jumlah pekerja, pengguna internet, dan ekspor neto menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi 8 negara ASEAN. Sementara itu secara individu, kinerja logistik menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, jumlah pengguna internet menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi sementara investasi asing langsung menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi ASEAN. Hanya persentase pekerja industri dan ekspor neto yang menunjukkan pengaruh positif namun tidak signifikan. Pemerintah negara ASEAN perlu mengupayakan peningkatan sub-indeks kinerja logistik yang masih rendah untuk dapat menekan biaya logistik agar efisien, dapat menarik investasi asing, dan mendorong kebijakan perdagangan internasional pada aktivitas ekspor. Kata Kunci : Pertumbuhan Ekonomi, Logistik, Investasi, Pekerja, Internet, Ekspor Neto.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 330 Ekonomi > 339 Makroekonomi, ekonomi makro dan topik terkait
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Ilmu Ekonomi S2
Pengguna Deposit: 2203324933 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2022 05:57
Terakhir diubah: 22 Apr 2022 05:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60381

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir