Hengki Tandayu , 1754131019 (2022) SISTEM PEMASARAN CABAI MERAH DI DESA MARGOTOTO KECAMATAN METRO KIBANG KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (5Mb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (4Mb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan ratio profit margin. Metode penelitian ini adalah metode survey. Penelitian ini menggunakan metode analisis S-C-P (Structure-Conduct-Perfomance), analisis saluran pemasaran, margin pemasaran, farmer’s share, dan ratio profit margin. Pengumpulan data dilakukan pada bulan April 2021 sampai Mei 2021. Saluran pemasaran cabai merah ada 2 yaitu, saluran I petani-pengecer-konsumen, sedangkan saluran II petani – tengkulak - pedagang besar – pengecer – konsumen. Margin pemasaran cabai merah di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur pada saluran I sebesar Rp9.000,00/ kg sedangkan pada saluran II sebesar Rp3.000,00/kg. Farmer share pemasaran cabai merah di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur pada saluran I sebesar 50% sedangkan pada saluran II sebesar 56%, semakin tinggi share produsen semakin baik. RPM (Rasio Profit Margin) pemasaran cabai merah di Desa Margototo Kecamatan Metro Kibang Kabupaten Lampung Timur pada saluran I sebesar 17,66% sedangkan pada saluran II sebesar 0,59% – 0,76%. Saluran pemasaran II cukup efisien, meskipun terdapat 3 lembaga pemasaran yang menghalangi arus cabai merah ke konsumen, karena nilai rasio profit margin pada setiap lembaga pemasaran cukup merata. Kata kunci: sistem pemasaran, margin pemasaran, S-C-P, RPM, farmer’s share. This study aims to analyze marketing channels, marketing margins, farmer's share, and profit margin ratio. This research method is a survey method. This study uses the S-C-P (Structure-Conduct-Perfomance) analysis method, marketing channel analysis, marketing margin, farmer's share, and profit margin ratio. Data collection is carried out from April 2021 to May 2021. There are 2 marketing channels for red chili, namely, channel I farmers-retailers-consumers, while channel II is farmers - middlemen - wholesalers - retailers - consumers. Red chili marketing margin in Margototo Village, Metro Kibang District, East Lampung Regency. In channel 1 it is Rp. 9.000,00/kg, while channel 2 is Rp. 3,000.00/kg. Farmer's share of red chili marketing in Margototo Village, Metro Kibang District, East Lampung Regency in channel 1 is 50% while in channel II it is 56%, the higher the share of producers, the better. The RPM (Profit Margin Ratio) of red chili marketing in Margototo Village, Metro Kibang District, East Lampung Regency on channel 1 is 17.66% while on channel II it is 0.59% - 0.76%. Marketing channel 2 is quite efficient, even though there are 3 marketing institutions that block the flow of red chilies to consumers, because the profit margin ratio in each marketing agency is quite evenly distributed. Keywords: marketing system, marketing margin, S-C-P, RPM, farmer's share.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan |
Program Studi: | Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agribisnis |
Pengguna Deposit: | 2203400930 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:13 |
Terakhir diubah: | 22 Apr 2022 03:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60383 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |