HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI COVID-19 TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

ERLIANA LIWANTY, 1818011053 (2022) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN MENGENAI COVID-19 TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA PREKLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK ERLIANA LIWANTY.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL ERLIANA LIWANTY.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2917Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA PEMBAHASAN_ERLIANA LIWANTY.pdf

Download (2994Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Pandemi COVID-19 tidak hanya menimbulkan bagi kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Kecemasan merupakan hal yang biasa disebabkan oleh suatu wabah. Salah satu faktor interal yang dapat mempengaruhi kecemasan adalah pengetahuan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasi analitik dengan desain cross sectional dan menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitian. Penelitian ini dilakukan dengan partisipasi online dari 93 mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Hasil: Tingkat pengetahuan dari 93 mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung mengenai COVID-19 sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik (75,3%) dan diikuti dengan tingkat pengetahuan kurang (24,7%). Tingkat kecemasan dari 93 mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung sebagian besar memiliki tingkat kecemasan yang ringan (76,3%) dan diikuti dengan tingkat kecemasan sedang-berat (23,7%). Pada hasil uji statistik hubungan tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 dengan tingkat kecemasan mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung didapatkan nilai p=0,00 (nilai p<0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel. Simpulan: Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan mengenai COVID-19 dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata Kunci: covid-19, kecemasan, mahasiswa kedokteran, pengetahuan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 2203637681 . Digilib
Date Deposited: 22 Apr 2022 06:33
Terakhir diubah: 22 Apr 2022 06:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60401

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir