PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI HORIZONTAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI VISUAL SISWA

TYAS KHARIMAH TINDANI, 1823025007 (2021) PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI HORIZONTAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN LITERASI VISUAL SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Tyas Tindani.pdf

Download (2399Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - Tyas Tindani.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3598Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - Tyas Tindani.pdf

Download (3599Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Book berbasis representasi horizontal yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan literasi visual siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) Borg and Gall. Sampel penelitian terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrument tes dan angket. Analisis data berdasarkan data n-gain, effect size dan persentase deskriptif tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Book interaktif hasil pengembangan dinyatakan: (1) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dengan kriteria sedang (0,66) dan memberikan pengaruh besar (0,71). Selain itu, e-Book hasil pengembangan juga baik dalam meningkatkan literasi visual siswa dengan kriteria sedang (0,67 ) dan memberikan pengaruh besar (0,73); (2) menarik (90,57%), bermanfaat (96,29%), dan mudah dipahami dari segi bahasa (95,46%) berdasarkan hasil tanggapan siswa dan guru terhadap penggunaan e- Book interaktif dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat dinyatakan bahwa e-Book interaktif berbasis representasi horizontal efektif digunakan menjadi bahan ajar dalam mempelajari materi energidalam sistem kehidupan. Kata kunci: e-Book interaktif, representasi horizontal, keterampilan berpikir kritis, literasi visual This study aims to develop an e-book based on horizontal representation which is valid and effective in improving students' critical thinking skills and visual literacy. The design used was Research and Development (R&D) by Borg and Gall. The sample consisted of control and experimental class. The sampling technique used was purposive sampling. The instruments used were test instruments and questionnaires. Data analysis was based on the data of n- gain, effect size and descriptive percentage of students and teacher’s responses. The results of the study indicate that the developed interactive e-Books stated: (1) ) improving critical thinking skills with moderate criteria (0.66) and has a large effect (0.71). In addition, the developed e-Book was also good in improving the visual literacy of students with moderate criteria (0.67) and has a large effect (0.73); (2) interesting (90.57%), useful (96.29%), and easy to reach in terms of language (95.46%) based on the results of student responses to the use of interactive e-books in learning. Based on the results of research and development, it can be stated that interactive e-books based on horizontal representations effective of being used as learning materials in studying energy in living systems. Key word: interactive e-Book, horizontal representations, critical thinking skill, visual literacy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:22
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 01:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60430

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir