ANALISIS KADAR ASAM KLOROGENAT DAN KAFEIN BERDASARKAN PERBEDAAN LOKASI PENANAMAN DAN SUHU ROASTING PADA KOPI ROBUSTA (C. canephora Pierre)

MUHAMMAD RAKHA PRADIPTA VIRHANANDA, 1614051071 (2022) ANALISIS KADAR ASAM KLOROGENAT DAN KAFEIN BERDASARKAN PERBEDAAN LOKASI PENANAMAN DAN SUHU ROASTING PADA KOPI ROBUSTA (C. canephora Pierre). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK -ABSTRACT.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1952Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1938Kb) | Preview

Abstrak

Kopi memiliki senyawa kimia seperti kafein dan asam klorogenat. Kandungan senyawa kimia dalam kopi dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat kematangan, tempat tanam, penanganan pasca panen. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui perbedaan ketinggian lokasi tanam terhadap kadar senyawa asam klorogenat dan kadar kafein kopi robusta dan untuk mengetahui perbedaan suhu roasting terhadap kadar asam klorogenat dan kadar kafein kopi robusta. Penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan disajikan secara deskriptif dengan menggunakan 2 faktor yaitu faktor pertama adalah perbedaan ketinggian lokasi tanam. Perlakuan pada penelitian adalah lokasi tanam yang terdiri K1 (Lampung Barat), K2 (Tanggamus), dan K3 (Way Kanan) dan faktor kedua adalah suhu Roasting yang terdiri dari 2 level yaitu T1 (180oC), dan T2 (240oC). Hasil penelitian menunjukan bahwa semakin tinggi lokasi penanaman maka akan semakin tinggi kandungan kafein dan asam klorogenat biji kopi yang dihasilkan, sedangkan semakin tinggi suhu penyangraian maka kandungan kafein dan asam klorogenat biji kopi yang dihasilkan akan semakin rendah. Kata kunci : Kopi robusta, kafein, asam klorogenat

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi (ilmu terapan) > 630 Pertanian dan teknologi yang berkaitan
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 2203224107 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2022 03:40
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 03:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60431

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir