PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK MATERI TEKS EKSPLANASI DI SMP KELAS VIII (Studi pada SMPN 03 Sekampung Udik)

NI WAYAN IMA NOVIYANA, 1653041013 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION UNTUK MATERI TEKS EKSPLANASI DI SMP KELAS VIII (Studi pada SMPN 03 Sekampung Udik). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (8Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (8Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah media pembelajaran yang dipakai oleh pendidik Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII belum menarik dan masih konvensional. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi stop motion sebagai media ajar untuk materi teks eksplanasi di SMP Kelas VIII dan menguji kelayakan desain produk media tersebut. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/ R&D). Dalam penelitian ini digunakan enam dari sepuluh langkah pengembangan yang diadaptasi dari teori Borg and Gall oleh Sugiyono, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, dan 6) produk akhir. Sumber data penelitian berupa media video animasi stop motion, sedangkan data dalam penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, ahli media dan praktisi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian telah memproduksi atau menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi stop motion untuk materi teks eksplanasi di SMP kelas VIII. Hasil uji kelayakan penelitian ini menunjukkan bahwa, pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion untuk materi teks eksplanasi di SMP sangat layak digunakan. Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh persentase 71,5% dengan kategori layak, penilaian ahli media diperoleh persentase 94,5% dengan kategori sangat layak, sedangkan penilaian dari praktisi diperoleh persentase 92,5% dengan kategori sangat layak. Kata kunci : Pengembangan, Media Video Animasi Stop Motion, Teks Eksplanasi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
400 Bahasa
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 2203643312 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:19
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 01:19
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir