RANCANG BANGUN APLIKASI TEKNIK DASAR TAEKWONDO MENGGUNAKAN ANIMASI 3D BERBASIS ANDROID

ANTON SANDRA, 1517051198 (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI TEKNIK DASAR TAEKWONDO MENGGUNAKAN ANIMASI 3D BERBASIS ANDROID. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK - ABSTRACT.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (3615Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1934Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Taekwondo merupakan olahraga kuno yang berasal dari negeri Ginseng (Korea), Taekwondo dapat diartikan sebagai cara mendisiplinkan diri atau seni bela diri yang menggunakan teknik kaki dan tangan kosong. Metode beladiri Taekwondo sangatlah sederhana namun perlu pembelajaran untuk dapat mempelajari dengan benar, salah satunya dengan mengikuti latihan fisik sebagai pemanasan awal kemudian dilanjutan dengan latihan tendangan maupun pukulan, dengan metode pembelajaran tersebut dirasa siswa akan cepat lupa dengan latihan yang diajarkan, sehingga perlu adanya media pembelajaran alternatif dengan menggunakan Animasi 3D gerakan teknik – teknik dasar Taekwondo berbasis Android. Penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi teknik dasar Taekwondo menggunakan Animasi 3D yang interaktif sebagai pelengkap dari materi latihan dan menerapkan materi Taekwondo dalam bentuk teks, gambar, dan animasi yang dapat berjalan di Smartphone berbasis Android. Aplikasi ini dirancang dengan menggunakan bahasa pemrograman Action Script 3.0 sebagai penunjang utama pembuatan aplikasi Android dan Blender 2.93 sebagai penunjang Animasi, dalam aplikasi ini terdapat informasi materi tentang Sejarah Taekwondo, Peralatan Taekwondo, Arti Warna Sabuk serta teknik seperti Kuda - Kuda, Pukulan, Tendangan, Tangkisan, dan Jurus Taegeuk. Aplikasi ini dapat digunakan oleh User setelah di Instal di Smartphone dengan Sistem Operasi Android. Penelitian ini menggunakan Metode Prototype yang memberikan kesempatan untuk pengembang program dan objek penelitian untuk saling berinteraksi selama proses perancangan sistem, pengujian program dilakukan menggunakan Black-Box Testing untuk memastikan bahwa program telah sesuai dengan desainnya dan semua fungsi dapat dipergunakan dengan baik dan pengujian kelayakan Aplikasi menggunakan Kuesioner untuk mengukur bagaimana sistem sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna yang memperoleh rata - rata nilai 82,07% dapat dikategorikan sangat baik dan layak digunakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Rancang Bangun Aplikasi Teknik Dasar Taekwondo menggunakan animasi 3D berbasis Android telah berhasil dibangun dan telah diuji agar sesuai dengan hasil yang diharapkan. Penelitian ini dapat dilanjutkan pada populasi yang lebih luas dengan jangka waktu yang lebih lama sehingga hasil yang diperoleh lebih maksimal Kata Kunci: Aplikasi, Teknik Dasar Taekwondo, Android.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Ilmu Komputer
Pengguna Deposit: 2203765385 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:05
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 01:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60441

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir