PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI VERTIKAL PADA TOPIK PARTIKEL MATERI DAN SIFAT BAHAN UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN LITERASI VISUAL SISWA

NI MADE RATNA SARI, 1823025001 (2021) PENGEMBANGAN e-BOOK INTERAKTIF BERBASIS REPRESENTASI VERTIKAL PADA TOPIK PARTIKEL MATERI DAN SIFAT BAHAN UNTUK MENINGKATKAN HOTS DAN LITERASI VISUAL SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - nimade ratnasari.pdf

Download (1791Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL - nimade ratnasari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN - nimade ratnasari.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-Book interaktif berbasis representasi vertikal yang efektif dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan literasi visual siswa. Desain penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) menurut Borg and Gall. Teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas eskperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan yakni kuesioner dan soal tes. Analisis data berdasarkan: (1) n-gain dan effect size, (2) persentase deskriptif dari tanggapan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-Book interaktif hasil pengembangan: (1) paling baik dalam meningkatkan HOTS dengan kriteria sedang (0,64) dan memberikan pengaruh yang besar (0,83), serta baik dalam meningkatkan literasi visual dengan kriteria sedang (0,65) dan memberikan pengaruh yang besar (0,85); (2) menarik (93,43 %), bermanfaat (94,70 %), dan mudah dipahami (94,06 %) berdasarkan hasil tanggapan guru dan siswa. e-Book interaktif berbasis repre- sentasi vertikal hasil pengembangan efektif sebagai bahan ajar dalam mempelajari topik partikel materi dan sifat bahan. Kata kunci : e-Book interaktif, representasi vertikal, HOTS, literasi visual This research aimed to develop an interactive e-Book based on vertical representation which was valid to improve students' Higher Order Thinking Skill (HOTS) and visual literacy. The design used in this research was Research and Development (R&D) by Borg and Gall. The sample of this research consisted of experimental class and control class. The instruments used questionnaires and test questions. Data analysis based on; (1) n-gain and effect size; (2) the descriptive percentage from teacher and student responses. The results showed that interactive e-Book: (1) the best to improve HOTS with medium criteria (0,64) and give large effect (0.83), and good to improve visual literacy with medium criteria (0.65) and give large effect (0.85); (3) interesting (93.43 %), useful (94.70 %), and easy to understand (94.06 %) based on the results of teacher and student responses. Interactive e-Book based on vertical representation was effective as learning material in matter particles topic and material properties. Key word: interactive e-Book, vertical representations, HOTS, visual literacy

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan > 378 Pendidikan tinggi, unversitas
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Apr 2022 01:38
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 01:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60444

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir