PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19 (Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu)

LERI TIANSI, 1716011022 (2021) PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID – 19 (Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK-ABSTRACT - LERI.pdf

Download (3787Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL - SITI.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2842Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - LERI.pdf

Download (3785Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PERAN DAN HAMBATAN YANG DIALAMI IBU SEBAGAI ORANG TUA SAAT MENDAMPINGI ANAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Wali Murid SD N 2 Labuhan Ratu) Oleh Leritiansi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi anaknya selama proses pembelajaran daring berlangsung serta untuk mengetahui hambatan atau kendala yang dijumpai dan mengetahui capaian apa saja yang didapat dari diterapkannya pembelajaran daring di SD N 2 Labuhan Ratu. Latar belakang penelitian ini ialah semenjak diterapkannya pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 tak sedikit orang tua yang mengeluh karena mereka harus memerankan peran ganda antara menjadi orang tua dan juga menjadi seorang guru sekaligus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Ada 9 orang tua yang menjadi informan dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Untuk metode analisis data sendiri dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada lima peran yang dijalankan oleh ibu sebagai orang tua selama mendampingi sang anak melakukan pembelajaran daring diantaranya sebagai pendidik, pengawas, fasilitator, motivator dan teman. Adapun beberapa hambatan yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti, kurangnya pemahaman terhadap materi, latar belakang pendidikan orang tua, tingkat ekonomi orang tua (fasilitas yang diberikan). Untuk capaian yang didapat dari penelitian ini diantaranya selama pembelajaran daring berlangsung hubungan ibu menjadi lebih dekat dengan anak, selain itu orang tua dapat memahami dan mengenali lebih jauh tentang karakteristik anaknya. Kata kunci : Covid-19, Pembelajaran Daring, Orang Tua, Ibu, Peran, Hambatan iii 5 ABSTRACT ROLES AND OBSTACLES EXPERIENCED BY MOTHER AS PARENTS WHEN ASSISTING CHILDREN IN ONLINE LEARNING PROCESSES IN THE COVID-19 PANDEMIC (Case Study on Guardians of Students of SD N 2 Labuhan Ratu) By Leritiansi This study aims to determine the role of parents in accompanying their children during the online learning process as well as to find out the obstacles or obstacles encountered and find out what achievements are obtained from the implementation of online learning at SD N 2 Labuhan Ratu. The background of this research is that since the implementation of online learning during the Covid- 19 pandemic, not a few parents have complained because they have to play a dual role between being a parent and also being a teacher at the same time. This study uses a descriptive method with a qualitative approach. There were 9 parents who became informants in this study. Data collection methods used in this study were in-depth interviews, observation and documentation. For the data analysis method itself by means of data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. The results of this study indicate that there are five roles that are carried out by mothers as parents while accompanying their children to do online learning including as educators, supervisors, facilitators, motivators and friends. As for some of the obstacles caused by several factors such as lack of understanding of the material, the educational background of the parents, the economic level of the parents (the facilities provided). For the achievements obtained from this research, among others, during online learning, the mother's relationship becomes closer to the child, besides that parents can understand and recognize more about the characteristics of their child. Keywords: Covid-19, Online Learning, Parents, Mother, Roles, Barriers

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 301 Sosiologi dan antropologi
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Sosiologi
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 25 Apr 2022 06:53
Terakhir diubah: 25 Apr 2022 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60472

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir