LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA VIRTUAL DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG

Sarah Pusparini, 1713033034 (2021) LITERASI DIGITAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SECARA VIRTUAL DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN ILMU SOSIAL , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - sarah pusparini.pdf

Download (359Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL TANPA LAMPIRAN - sarah pusparini.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (1614Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - sarah pusparini.pdf

Download (1446Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi digital virtual learning guru mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, informan yang dijadikan objek penelitian adalah guru pendidikan sejarah di SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan kuisioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis deskriptif dengan merujuk pada teori milles dan huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau penarikan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kekampuan literasi digital salah satu tenaga kependidikan yaitu guru memang sangat di penting di dalam dunia pendidikan agar dapat menunjang sebuah pendidikan tersebut. Literasi digital sangat diperlukan dalam dunia pendidikan dan sangat diperlukan oleh guru agar mempermudah semua pekerjaannya dan dapat dikelolah dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Penelitian ini melihat dari empat kompetensi literasi digital yaitu antara lain pencarian di internet (internet searching), pandu arah hypertext (hypertextual navigation), evaluasi konten informasi (content evaluation), dan penyusunan pengetahuan (knowledge assembly). Kata Kunci : guru sejarah, literasi digital This study aims to determine the digital literacy skills of virtual learning history teachers at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. The method used in this study is a descriptive method, the informants who are used as objects of research are history education teachers at SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Collecting data using interview techniques, observation, documentation and questionnaires or questionnaires. The data analysis technique used is descriptive analysis techniques with reference to the theory of milles and Huber man consist of data collection, data condentition, data display, and conclusion drawing . The results of this study indicate that the digital literacy skills of one of the educational staff, namely the teacher, are indeed very important in the world of education in order to support such an education. Digital literacy is very much needed in the world of education and is very much needed by teachers to make all their work easier and can be managed and utilized as well as possible. This study looks at four digital literacy competencies items, namely internet searching, hypertext navigation, content evaluation , and knowledge assembly . Keywords: history teacher, digital literacy

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: UPT . Neti Yuliawati
Date Deposited: 26 Apr 2022 01:13
Terakhir diubah: 26 Apr 2022 01:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60485

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir