ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DAN BAURAN PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KOPI BUBUK SKALA RUMAH TANGGA DI KOTA BANDAR LAMPUNG

KUKUH FACHRUL HAKIM, 1514131089 (2019) ANALISIS HARGA POKOK PRODUKSI DAN BAURAN PEMASARAN PADA AGROINDUSTRI KOPI BUBUK SKALA RUMAH TANGGA DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2660Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2674Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besarnya harga pokok produksi dan penjualan serta mengetahui bauran pemasaran menggunakan variabel 4P pada agroindustri kopi bubuk skala rumah tangga di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode survei dan total sampel dalam penelitian sebesar 32 pemilik agroindustri yang diambil dengan metode stratified random sampling, selanjutnya dibagi menjadi tiga skala yaitu skala kecil, skala sedang dan skala besar. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2019 meggunakan kuesioner. Tujuan pertama dianalisis menggunakan metode Variable Costing, tujuan kedua dengan menjumlahkan total biaya non produksi dengan harga pokok produksi perbulan dan tujuan ketiga secara deskriptif kualitatif menggunakan variabel 4P yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata harga pokok produksi skala kecil sebesar Rp35.680,13/Kg, skala sedang sebesar Rp29.396,17/Kg dan skala besar sebesar Rp33.726,96/Kg. Harga pokok penjualan kopi bubuk untuk skala kecil sebesar Rp37.262,86/Kg, skala sedang Rp30.039,20/Kg dan skala besar sebesar Rp35.462,35/Kg. Bauran pemasaran 4P yaitu :(1) produk yang berkualitas baik, (2) harga bersaing, (3) lokasi penjualan strategis, (4) kegiatan promosi yang diterapkan beragam diantaranya promosi dari mulut ke mulut, media cetak dan media sosial. Kata kunci : Kopi bubuk, harga pokok produksi, bauran pemasaran This research objectives are to analyze the amount of the production cost and to know marketing mix using the 4P variables in the household scale coffee powder agroindustry in Bandar Lampung. This research used a survey method and the total samples in the research were 32 agroindustries owners taken by the stratified random sampling method, then divided into three scales namely small scale, medium scale and large scale. Data was collected in July-August 2019 using questionnaires. The first objective was analyzed by using the Variable Costing Method, the second objective was analyzed by addly the total non-production costs to the cost of production per month and the third objective was descriptive qualitative using the 4P variable namely product, price, place and promotion. The results showed that the average cost of small-scale production was Rp35.680,13/Kg, the medium scale was Rp29.396,17/Kg and the large-scale production was Rp33.726,96/Kg. The standard cost of coffee selling price for a small scale was Rp37.262,86/Kg, a medium scale was Rp30.039,20/Kg and a large scale was Rp35.462,35/Kg. The 4P marketing mix were: (1) good quality products, (2) competitive prices, (3) strategic locations, (4) promotional activities that were implemented variously including oral promotion, print media and social media. Keywords: Ground coffee, cost of production, marketing mix

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: 600 Teknologi
600 Teknologi > 630 Pertanian
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 188139051 . Digilib
Date Deposited: 27 Dec 2019 01:29
Last Modified: 27 Dec 2019 01:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60487

Actions (login required)

View Item View Item