FATMAWATI CAESARYANI , 1513033015 (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP QUR’AN DARUL FATTAH BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (184Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya staf Download (1754Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1754Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pada masa Pandemi COVID-19 memberikan dampak pada banyak pihak juga mempengaruhi kondisi psikologis dan perubahan perilaku manusia yang sifatnya lebih luas dalam jangka waktu yang lebih panjang. Kondisi ini sudah merambah pada dunia pendidikan, pemerintah pusat sampai pada tingkat daerah memberikan kebijakan untuk meliburkan seluruh lembaga pendidikan hal ini juga berdampak pada sistem pendidikan di Indonesia. Untuk mencapai keefektifan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19 sekolah dan juga pihak sekolah mengubah strategi pembelajaran yang awalnya adalah tatap muka dengan mengubah pembelajaran non-tatap muka atau disebut juga pembelajaran Daring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Menjadi Efektif Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dari pada mata pelajaran IPS di SMP Qur’an Darul Fattah Bandar lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kulitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi dengan menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru IPS di SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung terhadap pelaksanaan pembelajaran daring dapat dikatakan efektif dalam penerapannya bilamana tidak terjadinya gangguan sinyal pada saat pembelajaran daring tersebut sedang berlangsung. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran Daring, lPS During the COVID-19 pandemic, it had an impact on many parties and also affected psychological conditions and changes in human behavior that were broader in nature in a longer period of time. This condition has penetrated the world of education, the central government to the regional level provides a policy to close all educational institutions, this also has an impact on the education system in Indonesia. To achieve effective learning during the COVID-19 pandemic, schools and schools also changed their learning strategy, which was originally face-to-face by changing non-face-to-face learning or also known as online learning The formulation of the problem in this research is How do Teachers' Efforts in the Implementation of Online Learning Be Effective in IPS Subjects in SMP Qur’an Darul Fattah Bandar Lampung Academic Year 2021/2022? This study aimed to determine the effectiveness of learning in social science subjects at Darul Fattah Qur'an Middle School Bandarlampung. The methodology used in this study was a descriptive one with a qualitative approach, while the data collection techniques used were interviews, observations, literature reviews, and documentation using qualitative data analysis. The results showed that social studies teachers at Darul Fattah Secondary School in Bandar Lampung, when implementing online learning in their application, could be considered effective when there were no signals interfering with online learning. Key words: Effectiveness, Online Learning, IPS
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan 900 Sejarah dan Geografi |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 2203113571 . Digilib |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 01:11 |
Terakhir diubah: | 27 Apr 2022 01:11 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60527 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |