IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING

MEISY RUSLINA SARI, 1713022028 (2021) IMPLEMENTASI PBL DENGAN PENDEKATAN STEM BERBASIS BLENDED LEARNING PADA TOPIK ENERGI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK - Meisy Ruslina Sari.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL - Meisy Ruslina Sari.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (2645Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN - Meisy Ruslina Sari.pdf

Download (1975Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan problem solving peserta didik dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning pada topik energi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung menggunakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes pada materi energi. Data hasil belajar dianalisis dengan uji independent sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,43 dengan kategori sedang dan N-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis independent simple T-test diperoleh nilai sig. sebesar 0,008 <0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan rata-rata kemampuan problem solving pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata persentase kenaikan indikator problem solving pada kelas eksperimen sebesar 29,45% sedangkan pada kelas kontrol 23,33%. Hasil uji effect size diperoleh nilai sebesar 0,999 dengan kategori besar yang berarti pembelajaran PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning berpengaruh sangat baik dalam meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan kemampuan problem solving peserta didik pada kelas eksperimen dengan mengimplementasikan PBL dengan pendekatan STEM berbasis blended learning lebih tinggi dibandingan dengan kelas kontrol dengan mengimplementasikan PBL pendekatan saintifik. Kata kunci: PBL, Pendekatan STEM, Energi, Kemampuan Problem Solving, Blended Learning

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 530 Fisika
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: UPT . Teti Novianti
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:26
Terakhir diubah: 27 Apr 2022 02:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60544

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir